Langsung ke konten utama

Mengenang 60 Tahun Masa Penjajahan Dai Nippon (4): Indonesia Merdeka di Kemudian Hari

Oleh HARYADI SUADI

Pada puntjak penderitaan rakjat kita, djiwa rakjat kita mulai gelisah, peperangan Djepang mulai kendur, kekalahan mereka mulai terbau (tercium Pen), maka lahirlah "Indonesia merdeka di kemudian hari" jang sebenarnya "djandji kemerdekaan di hari kemudian" atau di hari kiamat.

(Dr. Abu Hanifah dalam bukunya "Tjita Tjita Perdjoangan" 1946)

TELAH diceritakan dalam seri yang lalu bahwa sejak akhir Agustus 1944, ribuan romusha sudah mulai digiatkan secara maksimal di dalam maupun luar Jawa dan bahkan sampai ke negara tetangga. Namun dalam beberapa bulan kemudian akibat buruk dari kerja paksa ini mulai nampak. Bahwasanya akibat yang tidak diinginkan ini bakal terjadi, sejak jauh hari memang sudah bisa diduga. Masalahnya pemerintah Jepang dengan seribu satu macam janji muluknya dalam menjaga kondisi para "pahlawan pembangunan" ini, pasti hanya omong kosong belaka. Buktinya sudah sangat banyak berjatuhan korban akibat kelaparan dan penyakit. Melihat kenyataan ini Bung Hatta telah mengusulkan agar dalam segala hal romusha hendaknya diperlakukan lebih manusiawi. Berdasarkan usulan Bung Hatta ini kemudian diputuskan antara lain bahwa nasib romusha akan diperhatikan dan diperlukan dengan lebih pantas "sebagai manusia". Begitu pula dalam hal makanan dan pakaian seragamnya. Dan apabila habis masa tugasnya, mereka akan dikembalikan ke tempat asalnya, agar tidak terlantar.

Tetapi keputusan ini agaknya sulit dilaksanakan. Soalnya fihak Jepang sendiri sangat kerepotan dalam menghadapi kekuatan angkatan perangnya yang semakin melemah. Memang sejak pertengahan tahun 1944 di wilayah Pasifik, Jepang banyak mengalami kekalahan. Benteng pertahanannya di Kepulauan Saipan, Solomon, dan Nieuw Guinea telah jatuh ke tangan Sekutu. Dengan kekalahan-kekalahan itu Jepang semakin membabi buta. Semua kekuatannya dikerahkan secara dipaksakan, termasuk para romusha yang kondisinya rata-rata sudah berada di ambang maut ini, terus dituntut untuk melakukan tugasnya tanpa istirahat.

Tetapi apa pun yang terjadi, nasib romusha yang sudah amat kritis itu tetap harus ditolong. Paling tidak pertolongan bisa diberikan kepada keluarganya yang ditinggalkan. Namun bagaimana caranya, akhirnya bangsa kita juga yang kena getahnya. Untunglah ada Organisasi "Perserikatan Oesaha Sandiwara Djawa". Organisasi yang punya anggota sekitar 20 perkumpulan sandiawara ini, sudah biasa menggelar pertunjukan amal. Organisasi ini sejak tahun 1943 sudah kerap mengadakan pertunjukan amal untuk menolong orang miskin atau para penganggur. Rombongan sandiwara "Dewi Mada", "Warna Sari", dan "Sedio Moeljo" termasuk yang sering beramal untuk kesejahteraan para romusha dan keluarganya.

Namun soal kesengsaraan romusha yang sedang ramai dibicarakan ini, untuk sejenak terlupakan dengan tersiarnya berita yang menggembirakan bagi bangsa kita. Berita yang dimaksud adalah pada tanggal 7 September 1944 Saiko Shikikan telah mengeluarkan maklumat nomor 6 yang isinya rakyat diperbolehkan mengibarkan bendera merah putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dan keesokan harinya muncul lagi maklumat yang lebih menggembirakan, yakni Jepang akan memberi kemerdekaan kepada Rakyat Indonesia di kemudian hari. Fihak Jepang sendiri mengatakan bahwa hari itu adalah "saat yang penuh riwayat" bagi bangsa Indonesia. Dan bagaimana hal ikhwal munculnya saat yang penting ini telah diberitakan oleh harian "Asia Raya" tanggal 8 September 1944 sebagai berikut: Pada tanggal 7 September, Tuan Ir Soekarno yang sedang memimpin kerja sukarela romusha di Banten, tiba-tiba dipanggil ke Jakarta. Di Jakarta ia sudah ditunggu oleh para petinggi Pemerintah Jepang seperti Somubucho, Kikakukacho, Saito, dan Shimizu. Kemudian dengan didampingi Shimizu, Soekarno yang berkemeja lengan panjang serba putih memasuki ruangan yang telah disediakan. Diceritakan kemudian bahwa ketika Soekarno menduduki kursinya, suasana hening dan tak ada yang berani berkata-kata. Kemudian barulah Tuan Somubucho memberitahukan dengan singkat bahwa dalam sidang istimewa "Teikoku Gikai" (Parlemen Nippon) ke-85 yang diadakan di Tokio pada tanggal 7 September 1944, Perdana Menteri Koiso menyatakan tentang diperkenankannya kemerdekaan bagi segenap rakyat Indonesia di kemudian hari.

Ketika salinan pidato Koiso itu dibacakan oleh Shimizu, wajah Ir. Soekarno tampak tenang. Namun, kalimat demi kalimat yang dibacakan Shimizu telah dia simak dengan penuh perhatian dan hati berdebar-debar. Setelah selesai dibacakan, Tuan Somubucho langsung berdiri dan memberi selamat kepada Soekarno.

Lautan Merah Putih

Keesokan harinya baik dari fihak Jepang maupun bangsa kita telah menyiapkan acara khusus. Tidak diperoleh keterangan bagaimana cara penduduk membuat bendera merah putih. Namun yang jelas sejak pagi hari tanggal 8 Kota Jakarta telah menjadi lautan merah putih di samping bendera Nippon. Boleh dikata setiap rumah telah mengibarkan kedua bendera tersebut. Konon pada saat itulah sastrawan Usmar Ismail yang menyaksikan suasana Jakarta tergerak hatinya untuk menggubah sebuah sajak yang berbunyi demikian:

Merah-poetih / Kini koelihat kau berkibar di tengah bangsa / Lambang kebangsaan di Timoer Raja / Engkau pandji perdjoeangankoe / Mengedjar kemoeliaan bangsakoe

Bung Karno pun bersama Fatmawati sejak pagi hari tidak ketinggalkan menaikkan Sang Dwi Warna di muka rumahnya. Sebuah arak-arakan yang diikuti ribuan massa yang dipimpin Bung Karno sendiri pada jam 10.00 telah memasuki Istana Gambir tempat bersemayam PYM. Saiko Shikikan (Panglima Tertinggi). Juga di istana tersebut telah berkumpul para petinggi Jepang. Tepat jam 11.40 Saiko Shikikan mengucapkan pidatonya tentang kemerdekaan Indonesia di kemudian hari yang kemudian disambut pidato Bung Karno yang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dai Nippon. Akhirnya Bung Karno bersama barisannya menyerukan "Tenno Heika banzai". Dan dijawab pula oleh rombongan Saiko Shikikan dengan seruan "Indonesia banzai". Setelah itu kedua belah fihak memasuki beranda muka istana. Tampak Seiko Shikikan beserta pembesar militer lainnya memegang bendera merah putih dan Bung Karno membawa bendera Jepang. Kemudian sambil tertawa kedua belah fihak mengibar-ngibarkan benderanya. Kibaran bendera itu secara spontan disambut ribuan massa yang berada di jalan dan halaman istana. Suasana di saat itu benar-benar gegap gempita dan penuh haru, demikian diberitakan "Pandji Poestaka" 15 September 1942.

Pada tanggal 11 PYM Saiko Shikikan memerintahkan menggelar sidang istimewa ke-V "Chuo Sangi In" (DPR buatan Jepang). Pada hari itulah, paduka tuan Somubucho (Kepala Departemen Urusan Umum) dalam pidatonya menegaskan kembali, bahwa kemerdekaan Indonesia di kemudian hari itu adalah atas perintah dan kasih sayang JMM Tenno Heika. Dalam kesempatan itu, PYM Saiko Shikikan juga telah berpidato yang isinya mengisyaratkan bahwa dengan dikeluarkannya keputusan YMM Tenno Heika itu, sudah sepantasnya rakyat Indonesia harus berterima kasih kepada Nippon. Artinya kebaikan Jepang harus dibalas pula dengan perbuatan rakyat Indonesia yang menguntungkan fihak Jepang. Dan untuk lebih mempertegas soal rasa terima kasih itu, di akhir pidatonya, Saiko Shikikan mengajukan pertanyaan: "Bagaimanakah cara dan jalannya untuk membuktikan keikhlasan rasa terima kasih penduduk Indonesia kepada Pemerintah Agung Dai Nippon serta kepada Balatentara". Dan akhirnya Panglima Tertinggi Nippon itu menyerukan agar hati rakyat dibangunkan secara lebih hebat lagi dalam mengobar-ngobarkan semangat berjuang mati-matian untuk menghancurkan Amerika dan Inggris.

"Sehidup semati dengan Dai Nippon"

Pada hari itu juga Tuan Ir Soekarno sebagai pimpinan Sidang "Chuo Sangi In" telah menjawab pertanyaan Saiko Shikikan sebagai berikut: Dengan rasa terharoe dan sepenoeh-penoehnja chidmat mempersembahkan beriboe-riboe terima kasih ke bawah Doeli Jang Maha Moelia atas kemoerahan hati jang telah dilimpahkan kepada bangsa Indonesia. Kita menghatoerkan poela beriboe-riboe terima kasih kepada Balatentara Dai Nippon jang telah memberi pengoerbanan sebesar-besarnja oentoek memerdekakan bangsa-bangsa Asia Timoer Raja dari pendjadjahan dan penindasan Amerika, Inggris, dan Belanda. (Majalah "Pandji Poestaka" 15 September 1944). Kemudian ditegaskannya pula soal kesadaran bangsa Indonesia akan kedudukannya dalam perang suci ini, yakni bertekad akan terus berjuang mati-matian di samping Dai Nippon dan bersedia menderita segala kesukaran dan kekurangan. Dan akhirnya sebagai penutup pidatonya Tuan Ir. Soekarno dengan penuh semangat telah mengucapkan kata-kata: "Sehidup semati dengan Dai Nippon sebelum mencapai kemerdekaan, tetap sehidup semati dengan Dai Nippon sesudah mencapai kemerdekaan".

Kalimat "Sehidup semati dengan Dai Nippon" yang diucapkan Bung Karno di atas akhirnya dijadikan "semboyan baru bangsa Indonesia" yang harus disebar ke seluruh negeri. Bahkan dalam sidang ke-VI "Chuo Sangi In" di bulan November 1944, semboyan itu secara resmi telah dimasukkan ke dalam "Panca Darma" yakni "Lima Pedoman Hidup Bangsa Indonesia" yang berbunyi sebagai berikut:

1. Kita dalam peperangan Asia Timur Raya seperjuangan sehidup semati dengan Dai Nippon. 2. Kita mendirikan negara Indonesia yang merdeka sebagai anggota lingkungan keluarga Asia Timur Raya. 3. Kita berusaha memelihara dan mempertinggi peradaban dan kebudajaan. 4. Kita berbakti seikhlas-ikhlasnya kepada negara dan bangsa dengan bertakwa kepada Tuhan. 5. Kita berjuang ke arah perdamaian dunia, menurut dasar Hakko Ichiu (prinsip Nippon).***

(Bersambung)



Sumber: Pikiran Rakyat, 28 April 2002



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Polongbangkeng, Wilayah Republik Pertama di Sulawesi Selatan

P olongbangkeng di Kabupaten Takalar, kini nyaris tak dikenal lagi generasi muda di Sulawesi Selatan. Lagi pula, tak ada yang istimewa di kota yang terletak sekitar 40 kilometer dari Ujungpandang, kecuali jika harus melongok ke masa lalu--masa-masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Dulu, setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Polongbangkeng jadi pusat perjuangan mendukung Proklamasi oleh pejuang-pejuang Sulsel. Ketika NICA mendarat diboncengi tentara Belanda, Polongbangkeng pula yang jadi basis pejuang mempertahankan kedaulatan RI  di tanah Makassar. Para pejuang yang bermarkas di Polongbangkeng berasal dari berbagai daerah seperti Robert Wolter Monginsidi (Minahasa), Muhammad Syah (Banjar), Raden Endang (Jawa), Bahang (Selayar), Ali Malaka (Pangkajene), Sofyan Sunari (Jawa), Emmy Saelan dan Maulwy Saelan (Madura), dan tentu saja pahlawan nasional pimpinan Lasykar Pemberontak Rakyat Indonesia Sulawesi (LAPRIS) Ranggong Daeng Romo. Pada akhir Agustus 1945, Fakhruddin D...

Cheng Ho dan Tiga Teori Jangkar Raksasa

S EBAGAIMANA catatan sejarah, pelayaran Laksamana Cheng Ho menyimpan berjuta kisah sejarah yang sangat menarik di nusantara. Tidak saja karena kebetulan petinggi kekaisaran Mongol yang menguasai daratan Tiongkok dari abad ke-13 sampai ke-17 itu beragama Islam, tetapi ekspedisi laut pada abad ke-15 Masehi itu membawa pengaruh politik dan budaya sangat besar. Jejak sejarah tinggalan ekspedisi Cheng Ho yang merupakan duta intenasional Kaisar Yongle, generasi ketiga keturunan Kaisar Ming dari Mongol yang menguasai daratan Tiongkok, tersebar di sepanjang Pulau Jawa bagian utara. Hinggi kini, jejak-jejak arkeologis, historis, sosiologis, dan kultur dari ekspedisi laut laksamana yang memiliki nama Islam Haji Mahmud Shams ini, bertebaran di sepanjang pantai utara (pantura) Jawa. Di Cirebon armada kapalnya sempat singgah dan menetap sebelum melanjutkan perjalanan ke arah timur dan mendarat di pelabuhan yang kini masuk wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah. Laksamana Cheng Ho datang pada masa akhir...

G30S dalam Pelajaran Sekolah

Oleh: SUSANTO ZUHDI K urikulum 2004 yang diujicobakan di Jawa Timur menuai reaksi keras. Pasalnya, pada pelajaran sejarah tidak dicantumkan kata PKI pada "Gerakan 30 September 1965". Aspirasi guru dan sejumlah tokoh di Jawa Timur pun dibawa ke DPR. Masalah itu dibahas dalam rapat para menteri di bawah Menko Kesra pada Juni 2005. Akhirnya Depdiknas menyatakan, dalam masa transisi mata pelajaran sejarah di sekolah menggunakan Kurikulum 1994. Bukan soal fakta Kalau boleh berseloroh, mengapa tidak ditambah saja kata "PKI" sehingga tak perlu revisi selama enam bulan. Persoalannya tidak semudah itu, pun bukan soal fakta "G30S 1965" dengan "PKI" saja, tetapi ada dua hal lain yang diangkat. Pertama, siswa kelas II dan III SLTA jurusan IPA dan SMK tidak diberi lagi pelajaran sejarah. Kedua, soal tuntutan agar mata pelajaran sejarah diberikan secara mandiri (terpisah) baik untuk SD maupun SLTP. Seperti diketahui, dalam Kurikulum 2004 mata pelaja...

JEJAK KERAJAAN DENGAN 40 GAJAH

Prasasti Batutulis dibuat untuk menghormati Raja Pajajaran terkemuka. Isinya tak menyebut soal emas permata. K ETERTARIKAN Menteri Said Agil Husin Al Munawar pada Prasasti Batutulis terlambat 315 tahun dibanding orang Belanda. Prasasti ini telah menyedot perhatian Sersan Scipiok dari Serikat Dagang Kumpeni (VOC), yang menemukannya pada 1687 ketika sedang menjelajah ke "pedalaman Betawi". Tapi bukan demi memburu harta. Saat itu ia ingin mengetahui makna yang tertulis dalam prasasti itu. Karena belum juga terungkap, tiga tahun berselang Kumpeni mengirimkan ekspedisi kedua di bawah pimpinan Kapiten Adolf Winkler untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Hasilnya juga kurang memuaskan. Barulah pada 1811, saat Inggris berkuasa di Indonesia, diadakan penelitian ilmiah yang lebih mendalam. Apalagi gubernur jenderalnya, Raffles, sedang getol menulis buku The History of Java . Meski demikian, isi prasasti berhuruf Jawa kuno dengan bahasa Sunda kuno itu sepenuhnya baru dipahami pada awa...

Makam Imam Al-Bukhori

Menarik membaca tulisan Arbain Rambey berjudul "Uzbekistan di Pusaran Sejarah" ( Kompas , 20 Oktober 2019).  Berdasarkan kisah dari pemandu wisata di Tashkent, diceritakan peran Presiden Soekarno memperkenalkan Makam Imam Al-Bukhori di Samarkand yang nyaris terlupakan dalam sejarah. Kisah Soekarno dimulai ketika dalam kunjungan ke Moskwa minta diantar ke makam Imam Al-Bukhori. Menurut buku The Uncensored of Bung Karno, Misteri Kehidupan Sang Presiden  tulisan Abraham Panumbangan (2016, halaman 190-193), "Pada tahun 1961 pemimpin tertinggi partai Komunis Uni Soviet sekaligus penguasa tertinggi Uni Soviet Nikita Sergeyevich Khruschev mengundang Bung Karno ke Moskwa. Sebenarnya Kruschev ingin memperlihatkan pada Amerika bahwa Indonesia adalah negara di belakang Uni Soviet".  Karena sudah lama ingin berziarah ke makam Imam Al-Bukhori, Bung Karno mensyaratkan itu sebelum berangkat ke Soviet. Pontang-pantinglah pasukan elite Kruschev mencari makam Imam Al-Bukhori yang lah...

Manunggaling Ilmu dan Laku

Alkisah ada seorang bocah pribumi yang telaten dan fasih membaca buku-buku tentang kesusastraan dan keagamaan, baik dalam bahasa Jawa, Melayu, Belanda, Jerman, maupun Latin. Bocah ini sanggup melafalkan dengan apik puisi-puisi Virgilius dalam bahasa Latin. Oleh  BANDUNG MAWARDI K etelatenan belajar mengantarkan bocah ini menjadi sosok yang fenomenal dalam tradisi intelektual di Indonesia dan Eropa. Bocah dari Jawa itu dikenal dengan nama Sosrokartono. Herry A Poeze (1986) mencatat, Sosrokartono pada puncak intelektualitasnya di Eropa menguasai sembilan bahasa Timur dan 17 bahasa Barat. Kompetensi intelektualitasnya itu dibarengi dengan publikasi tulisan dan pergaulan yang luas dengan tokoh-tokoh kunci dalam lingkungan intelektual di Belanda. Sosrokartono pun mendapat julukan "Pangeran Jawa" sebagai ungkapan untuk sosok intelektual-priayi dari Hindia Belanda. Biografi intelektual pribumi pada saat itu memang tak bebas dari bayang-bayang kolonial. Sosrokartono pun tumbuh dalam ...

Hari ini, 36 tahun lalu: Bom atom pertama dicoba di Alamogordo

Jalannya sejarah bangsa-bangsa di dunia termasuk Indonesia mungkin akan berbeda kalau tidak ada peristiwa yang terjadi 16 Juli, 36 tahun lalu. Pada hari itu Amerika Serikat membuka babak baru di dalam teknik, yakni berhasil meledakkan bom atom di New Mexico, tepatnya di Alamogordo. Percobaan yang berhasil ini telah memungkinkan Amerika Serikat menghasilkan bom atom lainnya yang dijatuhkan atas Hiroshima dan Nagasaki. Ketakutan akan akibat bom atom ini telah membuat Jepang ketakutan dan menyerah kepada sekutu, pada 14 Agustus 1945. Jauh-jauh hari sebelum bom atom pertama diledakkan di gurun Alamogordo itu, kurang lebih enam tahun sebelumnya Presiden Franklin D. Roosevelt menerima sepucuk surat dari Dr. Albert Einstein yang isinya mengenai kemungkinan pembuatan bom uranium yang kemampuannya sangat besar. Surat itulah yang kemudian melahirkan suatu proyek yang sangat dirahasiakan dan hanya kalangan kecil yang mengenalnya dengan nama Manhattan Engineer District di bawah pimpinan Mayor...