Langsung ke konten utama

Lahirnya Bangsa Indonesia

Oleh Onghokham

SETIAP tahun Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, hari yang cukup penting sebagai hari peringatan nasional, yang melebihi hari-hari peringatan nasional lain, seperti Hari Kartini, Hari Kebangkitan Nasional, dan lain-lain. Dalam tulisan ini kami akan mencoba menempatkannya dalam proporsi sejarah Indonesia.

Pada tanggal 28 Oktober 1928 sekelompok pemuda-pelajar di kota yang dahulu disebut Batavia, ibukota Hindia Belanda, dan kini menjadi Jakarta, ibukota Republik Indonesia, mengucapkan Sumpah Pemuda.

Peristiwa ini patut disebut pembentukan atau proklamasi adanya bangsa (nation) Indonesia. Konsep bangsa ini lahir dari proses apa yang disebut dalam sejarah kita pergerakan nasional. Ia diambil dari definisi bangsa (nation) di Eropa, khususnya dari Ernest Renan, yang mengatakan bahwa bangsa menempati satu wilayah tertentu, berbahasa satu, dan yang terpenting merasa senasib dan seperjuangan.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 juga bukan yang pertama kali mencetuskan konsep bangsa Indonesia, namun beberapa tahun sebelumnya para pelajar "Indonesia" di Negeri Belanda, seperti Moh. Hatta, Pamontjak, Ali Sastroamidjojo, Iwa Kusuma Sumantri, Subardjo, dan lain-lain, sudah melancarkan ide itu. Hampir bersamaan konsep bangsa Indonesia juga lahir di kalangan pemuda-pelajar di koloni Belanda ini, yang terungkap dalam organisasi Indonesia Muda, Partai Nasional Indonesia (PNI), dan lain-lain dalam tahun 1925. Memang ada hubungan erat antara gejala nasionalisme Indonesia di Belanda dan di koloninya.

Dalam teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ungkapan konsepsi bangsa atau nation Indonesia dengan jelas terlihat. Hanya istilah bangsa yang dipakai, bukan rakyat dan bukan masyarakat. Penduduk negara yang kemerdekaannya diproklamirkan pada 17 Agustus 1945 bukan massa, rakyat atau masyarakat, yang merupakan kelompok anonim, namun disebut sebagai "bangsa", yang sejak pergerakan nasional atau lebih tepat sejak 28 Oktober 1928 dengan sejarah pergerakan sebelumnya merupakan kesatuan politik dengan kesadaran politis. Untuk jelasnya kami akan mengulangi Proklamasi tersebut: "Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia ... dan seterusnya." Atas nama bangsa Indonesia, Soekarno - Hatta.

Dengan jelas Proklamasi Kemerdekaan mengakui terbentuknya bangsa lebih dahulu daripada terbentuknya "negara", yang disebut Republik Indonesia. Lebih-lebih istilah "bangsa" menunjukkan suatu komunitas politis, yang sadar bahwa mereka berada dalam satu wilayah, memiliki satu bahasa dan senasib.

Proklamasi ini yang mengutamakan konsep bangsa dan bukan negara, adalah sesuai dengan konsep-konsep revolusi modern, yakni satu negara didirikan oleh kelompok atau kesatuan manusia tertentu. Konsep ini berlainan dan bertentangan dengan konsep bahwa negara atau sang penguasa adalah penerima wahyu atau adalah penakluk, yakni konsep tradisional dari kesatuan politik.

Karena konsep bangsa ini melahirkan negara Republik Indonesia dan karena konsep ini sangat diilhami dari luar, maka penting sekiranya untuk menguji konsep tersebut di luar maupun di dalam sendiri dengan mengisyukan akar-akar dari padanya.

Rangka internasionalnya

Ide nasionalisme pertama kali muncul di dunia Barat, yakni dalam revolusi Prancis (1789), yang melahirkan negara kebangsaan. Ide kebangsaan ini didukung oleh golongan menengah di Eropa, dan sejak itu mengancam kesatuan-kesatuan politik yang waktu itu ada di Eropa. Kategori kesatuan politik sebelum nasionalisme adalah negara-negara monarki dinastik, dengan penduduk sebagai kaula-kaula raja.

Ide nasionalisme mengancam prinsip dinastik ini khususnya yang diancam adalah kekaisaran Habsburg. Kekaisaran dinasti Habsburg ini merupakan satu kesatuan politik yang multinasional, terdiri dari banyak bangsa dan negara bagian, yang hanya bersatu di bawah mahkota keluarga Habsburg.

Dengan munculnya golongan-golongan menengah di berbagai bagian kerajaan ini, maka muncul nasionalisme Cekho, nasionalisme Slav, nasionalisme Austria (Jerman), nasionalisme Hungaria, dan lain-lain yang mengancam kekaisaran yang meliputi banyak negara Eropa Timur kini.

Setelah kekaisaran Habsburg yang bersekutu dengan Jerman, kalah terhadap para sekutu dalam Perang Dunia I (1914-'18), maka kekaisaran Habsburg runtuh. Sebagian besar keruntuhannya ini karena sebab-sebab di dalam, yakni nasionalisme masing-masing negara bagian melepaskan diri, dengan mendirikan negara kebangsaan dengan masalah-masalah minoritas yang besar, seperti Cekoslovakia, Hungaria, juga Austria sendiri yang merupakan induk Habsburg kalau ia memiliki induk, dan lain-lain. Para sekutu yang menang, khususnya Presiden Wilson dari Amerika Serikat, ikut melihat berdirinya negara-negara kebangsaan di Eropa Timur sebagai pemecahan terhadap ketegangan di bagian dunia tersebut. Hak menentukan nasib sendiri (self-determination) dari bangsa-bangsa menjadi ukuran kesatuan politik, berlainan dengan hak-hak dinasti dan mahkota.

Anehnya, negara-negara sekutu pada waktu itu (Inggris, Prancis) juga dapat dikatakan merupakan emperium (kekaisaran) yang terdiri dari berbagai bangsa. Perbedaan emperium para negara sekutu dengan Habsburg hanyalah, kalau emperium Habsburg berada di Eropa dan bangsa-bangsa yang di bawahnya adalah bangsa-bangsa Eropa, maka emperium-emperium sekutu dikatakan multi-nasional karena koloni-koloninya yang tersebar di Afrika, Asia, dan Amerika.

Para sekutu yang menang dalam Perang Dunia I, membatasi prinsip hak menentukan nasib sendiri pada bangsa-bangsa di Eropa dan tidak bermaksud memperlakukannya bagi koloni-koloni mereka di Asia dan Afrika. Khususnya Inggris dan Prancis tidak dapat mengizinkan, bahwa prinsip hak menentukan nasib sendiri bagi setiap bangsa akan meluas ke koloni-koloni mereka di Asia-Afrika.

Namun seperti semua prinsip, ia tidak pernah bisa dapat diperlakukan sepihak atau pada sebagian saja, tanpa mempengaruhi bagian-bagian yang lain. Dengan singkat hak menentukan nasib sendiri (self-determination) dari bangsa-bangsa, juga meluas ke koloni-koloni Barat di Asia-Afrika dan di bagian-bagian lain di dunia.

Biarpun nasionalisme Asia sudah mulai bangkit sebelum Perang Dunia I, namun sesudahnya ia mendapat input yang sangat besar dari konsep self-determination itu. Apa yang disebut "Gerakan 4 Mei" di Cina, yang merupakan puncak utama sejarah modern, Cina langsung dipengaruhi oleh Perang Dunia I ini, seperti juga tingkah laku nasionalisme Jepang terhadap Cina.

Para mahasiswa Indonesia di Belanda juga sangat tepengaruh oleh konsep "self-determination" dan kesatuan nasib dari Perang Dunia I ini, biarpun Belanda tidak terlibat dalam Perang Dunia I.

Gandhi di India mencapai puncak gerakannya setelah Perang Dunia II, dan demikian juga dengan nasionalisme di Indocina-Prancis. Dengan singkat konsep nasionalisme dan self-determination juga akan meruntuhkan empoorium-empoorium Inggris, Prancis, Belanda, dan lain-lain. Dalam abad ke-XX dunia telah menjadi bulat, artinya ide-ide yang dikomunikasikan di satu bagian darinya pasti tersebar ke lainnya juga.

Gerakan nasional di Asia (Indonesia)

Konsep-konsep nasionalisme juga menyebar luas ke Indonesia, di mana bukan golongan menengah memegang peranan penting di dalamnya, akan tetapi khusus tersebar pada golongan pemuda-pelajar. Golongan terakhir inilah yang menonjol sebagai pengemban utama konsep nasionalisme. Nasionalisme di Indonesia khususnya didukung oleh pemuda-pelajar, yang tidak terlibat dalam karier pangreh-praja, akan tetapi yang bersifat pendidikan profesional, seperti dokter, insinyur, ekonomi, hukum, dan lain-lain.

Setelah Indonesia mencapai kemerdekaan pada tahun 1945, maka seperti negara-negara Asia baru lain, para cendekiawan yang berasal dari gerakan nasional inilah yang berkuasa dan menjadi elite pemerintahan. Akan tetapi seperti kekuatan politik lainnya, masalah dari gerakan tersebut adalah akar-akar dan dukungan masyarakat kepadanya.

Menurut para sarjana, berlainan dengan Gandhi-isme di India, gerakan-gerakan nasional di Asia Tenggara tidak melibatkan kekuatan-kekuatan dan tingkatan-tingkatan sosial masyarakat. Elite cendekiawan yang demikian kecil jumlahnya, karena pendidikan kolonial Barat memang bukan untuk massa, dapat mengkonsolidasikan diri dalam suatu elite nasional. Namun di lain pihak, elite cendekiawan nasionalis ini, karena tak berakar dalam tingkatan dan kekuatan sosial, dapat dengan mudah juga disingkirkan oleh kekuatan fisik lain yang memiliki konsep tata-tenteram nasional. ***

* Onghokham, dosen dalam Ilmu Sejarah pada Fakultas Sastra UI..



Sumber: Tidak diketahui, 3 November 1984



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Polongbangkeng, Wilayah Republik Pertama di Sulawesi Selatan

P olongbangkeng di Kabupaten Takalar, kini nyaris tak dikenal lagi generasi muda di Sulawesi Selatan. Lagi pula, tak ada yang istimewa di kota yang terletak sekitar 40 kilometer dari Ujungpandang, kecuali jika harus melongok ke masa lalu--masa-masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Dulu, setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Polongbangkeng jadi pusat perjuangan mendukung Proklamasi oleh pejuang-pejuang Sulsel. Ketika NICA mendarat diboncengi tentara Belanda, Polongbangkeng pula yang jadi basis pejuang mempertahankan kedaulatan RI  di tanah Makassar. Para pejuang yang bermarkas di Polongbangkeng berasal dari berbagai daerah seperti Robert Wolter Monginsidi (Minahasa), Muhammad Syah (Banjar), Raden Endang (Jawa), Bahang (Selayar), Ali Malaka (Pangkajene), Sofyan Sunari (Jawa), Emmy Saelan dan Maulwy Saelan (Madura), dan tentu saja pahlawan nasional pimpinan Lasykar Pemberontak Rakyat Indonesia Sulawesi (LAPRIS) Ranggong Daeng Romo. Pada akhir Agustus 1945, Fakhruddin D...

Cheng Ho dan Tiga Teori Jangkar Raksasa

S EBAGAIMANA catatan sejarah, pelayaran Laksamana Cheng Ho menyimpan berjuta kisah sejarah yang sangat menarik di nusantara. Tidak saja karena kebetulan petinggi kekaisaran Mongol yang menguasai daratan Tiongkok dari abad ke-13 sampai ke-17 itu beragama Islam, tetapi ekspedisi laut pada abad ke-15 Masehi itu membawa pengaruh politik dan budaya sangat besar. Jejak sejarah tinggalan ekspedisi Cheng Ho yang merupakan duta intenasional Kaisar Yongle, generasi ketiga keturunan Kaisar Ming dari Mongol yang menguasai daratan Tiongkok, tersebar di sepanjang Pulau Jawa bagian utara. Hinggi kini, jejak-jejak arkeologis, historis, sosiologis, dan kultur dari ekspedisi laut laksamana yang memiliki nama Islam Haji Mahmud Shams ini, bertebaran di sepanjang pantai utara (pantura) Jawa. Di Cirebon armada kapalnya sempat singgah dan menetap sebelum melanjutkan perjalanan ke arah timur dan mendarat di pelabuhan yang kini masuk wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah. Laksamana Cheng Ho datang pada masa akhir...

Makam Imam Al-Bukhori

Menarik membaca tulisan Arbain Rambey berjudul "Uzbekistan di Pusaran Sejarah" ( Kompas , 20 Oktober 2019).  Berdasarkan kisah dari pemandu wisata di Tashkent, diceritakan peran Presiden Soekarno memperkenalkan Makam Imam Al-Bukhori di Samarkand yang nyaris terlupakan dalam sejarah. Kisah Soekarno dimulai ketika dalam kunjungan ke Moskwa minta diantar ke makam Imam Al-Bukhori. Menurut buku The Uncensored of Bung Karno, Misteri Kehidupan Sang Presiden  tulisan Abraham Panumbangan (2016, halaman 190-193), "Pada tahun 1961 pemimpin tertinggi partai Komunis Uni Soviet sekaligus penguasa tertinggi Uni Soviet Nikita Sergeyevich Khruschev mengundang Bung Karno ke Moskwa. Sebenarnya Kruschev ingin memperlihatkan pada Amerika bahwa Indonesia adalah negara di belakang Uni Soviet".  Karena sudah lama ingin berziarah ke makam Imam Al-Bukhori, Bung Karno mensyaratkan itu sebelum berangkat ke Soviet. Pontang-pantinglah pasukan elite Kruschev mencari makam Imam Al-Bukhori yang lah...

Manunggaling Ilmu dan Laku

Alkisah ada seorang bocah pribumi yang telaten dan fasih membaca buku-buku tentang kesusastraan dan keagamaan, baik dalam bahasa Jawa, Melayu, Belanda, Jerman, maupun Latin. Bocah ini sanggup melafalkan dengan apik puisi-puisi Virgilius dalam bahasa Latin. Oleh  BANDUNG MAWARDI K etelatenan belajar mengantarkan bocah ini menjadi sosok yang fenomenal dalam tradisi intelektual di Indonesia dan Eropa. Bocah dari Jawa itu dikenal dengan nama Sosrokartono. Herry A Poeze (1986) mencatat, Sosrokartono pada puncak intelektualitasnya di Eropa menguasai sembilan bahasa Timur dan 17 bahasa Barat. Kompetensi intelektualitasnya itu dibarengi dengan publikasi tulisan dan pergaulan yang luas dengan tokoh-tokoh kunci dalam lingkungan intelektual di Belanda. Sosrokartono pun mendapat julukan "Pangeran Jawa" sebagai ungkapan untuk sosok intelektual-priayi dari Hindia Belanda. Biografi intelektual pribumi pada saat itu memang tak bebas dari bayang-bayang kolonial. Sosrokartono pun tumbuh dalam ...

Hari ini, 36 tahun lalu: Bom atom pertama dicoba di Alamogordo

Jalannya sejarah bangsa-bangsa di dunia termasuk Indonesia mungkin akan berbeda kalau tidak ada peristiwa yang terjadi 16 Juli, 36 tahun lalu. Pada hari itu Amerika Serikat membuka babak baru di dalam teknik, yakni berhasil meledakkan bom atom di New Mexico, tepatnya di Alamogordo. Percobaan yang berhasil ini telah memungkinkan Amerika Serikat menghasilkan bom atom lainnya yang dijatuhkan atas Hiroshima dan Nagasaki. Ketakutan akan akibat bom atom ini telah membuat Jepang ketakutan dan menyerah kepada sekutu, pada 14 Agustus 1945. Jauh-jauh hari sebelum bom atom pertama diledakkan di gurun Alamogordo itu, kurang lebih enam tahun sebelumnya Presiden Franklin D. Roosevelt menerima sepucuk surat dari Dr. Albert Einstein yang isinya mengenai kemungkinan pembuatan bom uranium yang kemampuannya sangat besar. Surat itulah yang kemudian melahirkan suatu proyek yang sangat dirahasiakan dan hanya kalangan kecil yang mengenalnya dengan nama Manhattan Engineer District di bawah pimpinan Mayor...

G30S dalam Pelajaran Sekolah

Oleh: SUSANTO ZUHDI K urikulum 2004 yang diujicobakan di Jawa Timur menuai reaksi keras. Pasalnya, pada pelajaran sejarah tidak dicantumkan kata PKI pada "Gerakan 30 September 1965". Aspirasi guru dan sejumlah tokoh di Jawa Timur pun dibawa ke DPR. Masalah itu dibahas dalam rapat para menteri di bawah Menko Kesra pada Juni 2005. Akhirnya Depdiknas menyatakan, dalam masa transisi mata pelajaran sejarah di sekolah menggunakan Kurikulum 1994. Bukan soal fakta Kalau boleh berseloroh, mengapa tidak ditambah saja kata "PKI" sehingga tak perlu revisi selama enam bulan. Persoalannya tidak semudah itu, pun bukan soal fakta "G30S 1965" dengan "PKI" saja, tetapi ada dua hal lain yang diangkat. Pertama, siswa kelas II dan III SLTA jurusan IPA dan SMK tidak diberi lagi pelajaran sejarah. Kedua, soal tuntutan agar mata pelajaran sejarah diberikan secara mandiri (terpisah) baik untuk SD maupun SLTP. Seperti diketahui, dalam Kurikulum 2004 mata pelaja...

Hari Pahlawan: MENGENANG 10 NOPEMBER 1945

Majalah Inggeris "Army Quarterly" yang terbit pada tanggal 30 Januari 1948 telah memuat tulisan seorang Mayor Inggeris bernama R. B. Houston dari kesatuan "10 th Gurkha Raffles", yang ikut serta dalam pertempuran di Indonesia sekitar tahun 1945/1946. Selain tentang bentrokan senjata antara kita dengan pihak Tentara Inggeris, Jepang dan Belanda di sekitar kota Jakarta, di Semarang, Ambarawa, Magelang dan lain-lain lagi. Maka Mayor R. B. Houston menulis juga tentang pertempuran-pertempuran yang telah berlangsung di Surabaya. Perlu kita ingatkan kembali, maka perlu dikemukakan di sini, bahwa telah terjadi dua kali pertempuran antara Tentara Inggeris dan Rakyat Surabaya. Yang pertama selama 3 malam dan dua hari, yaitu kurang lebih 60 jam lamanya dimulai pada tanggal 28 Oktober 1945 sore, dan dihentikan pada tanggal 30 Oktober 1945 jauh di tengah malam. Dan yang kedua dimulai pada tanggal 10 Nopember 1945 pagi sampai permulaan bulan Desember 1945, jadi lebih dari 21 har...