Langsung ke konten utama

Menyimak Dampak Kultural Boedi Oetomo sebagai Tonggak Kebangkitan Nasional

BERDIRINYA Boedi Oetomo (BU) tahun 1908, tak bisa dilepaskan dari gejala bangkitnya kelas menengah masyarakat Jawa. Dan kebangkitan kelas menengah Jawa ini ternyata dimotori oleh golongan priyayinya. Baik priyayi profesional "jebolan" Stovia, maupun priyayi birokratis yang kebanyakan berpangkat "regent" (: bupati yang diangkat penguasa kolonial) dan sekelompok wedana, yang semuanya terserap ke dalam hierarki administrasi kolonial. Kebangkitan golongan priyayi membuktikan adanya penyusunan pandangan-pandangan Barat (Eropa ke dalam masyarakat penguasa Jawa melalui proses rekayasa pendidikan).

Sejak 1864, orang-orang Jawa telah diterima dalam sekolah Belanda, bernama ELS (Europeesche Lagere School). Ini adalah satu-satunya sekolah dasar yang mengajarkan bahasa Belanda kepada orang Jawa. Saat itu, bahasa Belanda adalah syarat utama untuk meneruskan pendidikan seseorang di sekolah kedokteran atau sekolah guru. Bagi masyarakat penguasa Jawa, ELS adalah sarana "demokratisasi" awal di sektor pendidikan, yang pernah dipeluangkan oleh penguasa kolonialnya.

Pada tahun 1851 berdirilah Stovia. Saat itu sekolah bergengsi ini masih berjuluk Sekolah Dokter Jawa, atau Sekolah Latihan Kedokteran Pribumi. Pada taraf awal lama pendidikannya cuma tiga tahun. Lalu diperpanjang menjadi lima tahun. Diperbaiki lagi menjadi tujuh tahun. Dan akhirnya menjadi sembilan tahun pada tahun 1908. Sekolah Dokter Jawa ini menerima status akademis yang penuh sebagai Stovia dalam tahun 1902.

Meskipun profesi kedokteran menerima kehormatan akademis yang tinggi, bahkan di kalangan bangsa Belanda sendiri, namun status sosialnya di kalangan masyarakat Jawa masih sangat rendah. Atau, lebih tepat, cenderung "direndahkan" secara politis. Priyayi-priyayi Jawa, terutama dari jalur birokrasi pemerintahan, menerima kehadiran pejabat-pejabat kesehatan itu dengan rasa permusuhan. Bisa dimaklumi, karena kehadiran kelas priyayi baru ini berpotensi ancaman terhadap citra dan gengsi sosial para priyayi birokratis. Apa sebabnya?

Seorang lulusan dokter kesehatan akan langsung dipekerjakan dengan gaji berkisar antara 75 sampai 150 gulden per bulan. Skala gaji seperti ini adalah sama dengan skala gaji untuk asisten wedana kelas satu: suatu kedudukan tertinggi bagi priyayi bukan ningrat dalam sistem administrasi kolonial saat itu. Itupun kalau si priyayi mampu melampaui ujian masa dinas yang lamanya sampai 16 tahun. Karenanya, di mata para priyayi birokrasi, Stovia sering dianggap suatu sekolah untuk orang miskin. Di sini, sentimen sosial berbicara. Osvia atau Sekolah Guru malah lebih digandrungi. Padahal, secara profesional lulusan Osvia tidaklah dapat melucuti rantai ketergantungan ekonominya kepada pemerintah kolonial Belanda. Hanya para lulusan Stovia-lah yang sesungguhnya berpeluang untuk itu.

Begitu lulusan Stovia telah menyelesaikan ikatan dinasnya dengan pemerintah kolonial, mereka segera dapat melakukan praktek umum sebagai dokter pribumi. Pada umumnya, penguasaan bahasa Belanda mereka pun sangat baik. Jadi mereka dapat membebaskan diri dari ketergantungan ekonomi kepada pemerintah kolonial Belanda. Golongan priyayi profesional ini bisa mempunyai kesempatan untuk memperoleh kebebasan ekonomi dari kantor administrasi kolonial. Potensi ke arah ketaktergantungan ekonomi inilah yang menjadi penyulut aspirasi politik mereka. Wajarlah jika dari mereka lalu muncul pengutaraan kekesalan terhadap bentuk dan nilai usang masyarakat tradisional. Mereka juga yang mempunyai keinginan untuk pembaruan sosial. Mahasiswa-mahasiswa terkemuka Stovia, seperti Tjipto Mangoekoesoemo, Soewardi Soeryaningrat, dan Soetomo, berhasil menelurkan kemauan-kemauan dinamis, untuk meningkatkan lebih jauh aspirasi-aspirasi pribadi mereka sendiri. Suatu keberanian politik yang mustahil dipunyai golongan guru atau para "regent". Guru-guru masih bergantung kepada administrasi kolonial untuk sarana pekerjaan mereka. Sedang para "regent" cenderung mempertahankan Status Quo dengan mempertahankan bentuk masyarakat paternalistik yang sudah ada, karena dipandang sangat menguntungkan kedudukan mereka.

Di Jawa sendiri saat itu, formalisme pangkat cenderung lebih diagungkan ketimbang keterampilan profesional. Perlakuan merendahkan martabat dokter oleh birokrat dari golongan ningrat pribumi menjadi kelaziman. Untuk mengukur ketinggian martabat seseorang dalam hierarki sosialnya lebih banyak ditambatkan pada ascribed status, atau status keturunan. Status yang diperjuangkan berdasarkan keahlian, atau achieved status belum menjadi sarana mobilisasi status. Ini menunjukkan kondisi tipikal dari corak masyarakat paternalistik pada masa transisinya, di mana status sosial, kedudukan birokratis, prestasi pendidikan dan derajat penghasilan masih belum mapan dalam hierarki masyarakatnya. 

Spektrum sosial dalam tubuh masyarakat priyayi Jawa sendiri masih berupa mosaik yang berbhineka. Dalam masyarakat priyayi itu terdapat suatu perbedaan yang mencolok antara priyayi birokratis dan bukan birokratis. Priyayi ningrat berdasarkan ascribed status dengan priyayi bukan ningrat yang memegang ascribed status. Priyayi yang berpendidikan Belanda dan yang masih berpendidikan pribumi. Priyayi yang bekerja berdasarkan profesi dalam praktek swasta dan mereka yang bekerja dengan ketaatan penuh kepada birokrasi pemerintah kolonial. Dalam kondisi kolasi-sosial seperti ini kecenderungan ke arah isolasi kelompok pun terjadilah. "Proteksionisme" di tingkat kesadaran status kelas dengan sendirinya memaksa kelompok-kelompok tertentu dalam golongan masyarakat priyayi untuk berembuk mempersatukan diri dengan kelompok tertentu lainnya, yang dalam bentuk kohesi kelas tersebut dianggap dapat meningkatkan atau melindungi kepentingan-kepentingan sosial dan priviliege mereka. Masyarakat priyayi Jawa bukanlah merupakan golongan yang serba sama dengan kepentingan-kepentingan sosial yang seragam.

Dalam kondisi begitulah, BU dilahirkan. Gerak penglahiran ini bertombak dua. Ketika Wahidin menghimbau dukungan dan dana-dana dari orang-orang Jawa yang berkedudukan tinggi dalam pemerintahan, demi menguatkan dukungan dana dan penyiapan kemungkinan "infrastruktur politik" bagi pembiayaan pendidikan para priyayi, maka para mahasiswa di Stovia, yang kebanyakan berasal dari priyayi rendah dan priyayi angkatan muda, dipimpin oleh Soetomo mulai pula mempersiapkan dasar persatuan secara lebih konsepsional.

Program utama BU sendiri berusaha meningkatkan dan membuat lebih banyak serta lebih baik lagi kualitas pendidikan Belanda untuk kaum priyayi. Maksudnya agar priyayi-priyayi itu mampu untuk berlomba secara lebih baik dalam dunia modern. Sebagaimana ternyata kemudian, BU lebih banyak didukung oleh para priyayi bukan ningrat, priyayi birokratis rendahan, guru-guru, dan dokter-dokter kesehatan. Sedang priyayi profesional bukan ningrat lebih berperan dalam tingkat pengajuan prakarsa, ketimbang para priyayi ningrat birokratisnya.

Dalam publikasi Jong Indie I, NO. 14: Okt. 3, 1908 yang merupakan usulan daftar BU cabang Batavia pimpinan Soewarno, dicakupkan masalah-masalah programatis BU, meliputi: pendidikan desa, perawatan orang miskin, perbaikan-perbaikan dalam kesejahteraan sosial, kesederhanaan bagi golongan-golongan atas dan pengembangan industri pribumi, juga pembentukan modal di kalangan golongan menengah.

Daftar topik itu jelas cuma bersifat usulan. Dalam kongres pertama BU di Yogyakarta, tanggal 3 s/d 5 Oktober 1908, perselisihan haluan di tingkat pengesahan daftar topik itu terjadi. Priyayi profesional angkatan tua, diwakili oleh Wahidin, Radjiman, dan Djiwasewaja tak berhasil mencapai kata mufakat dengan para penggagas dari angkatan mudanya, yang suaranya diwakili oleh Goenawan Mangoenkoesoemo, Soetomo, dan Tjipto Mangoekoesoemo.

Wahidin, dalam pidato pembukaan kongres, lebih mengagungkan nilai sejarah Jawa dan menekankan pentingnya pendidikan Barat bagi kemajuan Jawa. Yang jadi obsesinya cuma pendidikan golongan priyayi, bukan pendidikan desa secara umum. Asas ini berbeda haluan dengan prakarsa angkatan mudanya. Goenawan misalnya, menekankan pentingnya mendirikan lebih banyak sekolah-sekolah desa dengan dana beasiswa bagi anggota golongan priyayi. Soetomo berharap supaya BU bisa meningkatkan pendidikan dasar di atas bentuk-bentuk pendidikan lainnya. Sedang Tjipto, yang selalu bersuara keras, mengemukakan pentingnya pendidikan yang bukan hanya untuk priyayi Jawa saja, melainkan bagi seluruh penduduk Hindia Belanda. Iapun mengusulkan supaya BU mengorganisasikan diri secara politik untuk melindungi dan meningkatkan kepentingan-kepentingan organisasinya. Dalam kelanjutannya, usulan angkatan muda tersebut toh tidak mendapat "follow up" yang tepat.

Hampir semua priyayi birokratis, yang sebenarnya lebih berkepentingan dalam mengamankan status quo, di bawah pengaruh para "regent" sendiri, memboikot kongres itu. Priyayi birokratis lebih berkepentingan memelihara konservatisme, ketimbang sungguh-sungguh memikirkan gagasan-gagasan radikal. Kecenderungan untuk isolasi kelompok pun akhirnya muncul lagi. Hampir bersamaan dengan kongres BU, para "regent" juga sibuk mengorganisasikan kemungkinan persatuan mereka sendiri. Didirikanlah Sedya Mulya, artinya: Upaya Yang Maha Mulia. Sikap konservatif BU tampak pula dari keberhasilan Tirtokusumo, seorang "regent" dari Karanganyar, dipilih sebagai ketua BU pertama, dari tahun 1908-1911. Tjipto dan Suryodipuro, sebagai tanda penghargaan terhadap wakil angkatan muda, dipilih sebagai anggota biasa untuk panitia kerja. Pada kongres BU kedua, September 1909, Tjipto dan Suryodipuro kembali mengusulkan untuk menjadikan BU sebagai organisasi politik. Juga diusulkan agar keanggotaan BU bisa diperluas, selain orang Jawa dan Bali, mencakup pula semua penduduk Hindia Belanda, termasuk masyarakat Indo-Eropa dan masyarakat Cina yang bersimpati. Karena usul-usul mereka ditolak, keduanya lalu mengundurkan diri dari panitia kerja BU.

Dampak kelahiran BU, bagi inspirasi kita mendatang, tidak terletak pada riwayat organisasionalnya yang dibentroki keragaman haluan. Pada tingkat sosio-kultural, BU justru muncul sebagai tonggak peneguhan intelektualisasi elite pribumi, yaitu dengan tepat menggambarkan perubahan yang telah terjadi dalam golongan priyayi Jawa. Pada kongres pertama, secara konsensus ditetapkan bahwa BU pada tahap itu akan menolak aksi pengembangan aspirasi politik golongan priyayi. Sebaliknya, akan memilih pengembangan kebudayaan. Pada taraf embrional ini, BU menolak gagasan pembaruan-pembaruan sosial secara radikal pada semua tingkat masyarakat Jawa. Sebaliknya, akan mempertahankan BU sebagai persatuan priyayi eksklusif, membela kepentingan priyayi, terutama di sektor pendidikan, di atas segala kepentingan lainnya. Pengaruh kultural BU terhadap masyarakat tradisional Jawa adalah tersedianya kemampuan budaya untuk bisa mengambil kedudukan selaras, sesuai dengan perkembangan nilai-nilai sosial yang telah ada. Tahun 1908 merupakan tahun di mana priyayi profesional, birokrat bukan ningrat dan mahasiswa-mahasiswa muda Stovia mempersiapkan diri menjadi pemimpin-pemimpin Jawa, yang lebih berciri konformis, ketimbang reformis. Merekalah contoh paling awal dari ciri kaum terpelajar Jawa atau Indonesia.

Perbedaan titik berat haluan dalam tubuh BU, menunjukkan pula sifat-sifat dasar yang beragam dari masyarakat elite Jawa saat itu. Sekaligus menunjukkan sifat dasar yang berbeda-beda dari kapasitas inspirasi para priyayi profesional yang sedang berkembang di dalamnya. Perselisihan haluan di lingkungan priyayi Jawa sesungguhnya berakibat konstruktif bagi mempercepat perubahan dan pembentukan pandangan serta cita-cita kaum intelek saat itu. Kita tetap bisa mengapresiasi keanekaan pandangan tersebut terutama dari segi penawaran aspirasi kultural yang akan dipakemkan nantinya. Dari posisi ini, BU bertindak sebagai pendorong yang menganjurkan berdirinya "kelompok-kelompok kepentingan" yang dipersiapkan untuk memperjuangkan kepentingan golongan-golongan tertentu dalam masyarakat.

Sedya Mulya didirikan dalam tahun yang sama dengan BU, dengan tujuan melindungi kepentingan para "regent". Serikat Dagang Islam yang berorientasi pada perlindungan pedagang golongan santri, berdiri tahun 1911, dipelopori Tirtoadisuryo dan Samanhudi. Muhammadyah, yang bertumpu pada agama Islam sebagai sumbu organisasinya, didirikan setahun kemudian. Tahun 1913 Douwes Dekker yang mendapat dukungan dari para cendekiawan seperti Tjipto Mangoenkoesomo, Abdoel Moeis, dan Soewardi Soeryaningrat, mendirikan Indische Partij. Semua "kelompok-kelompok kepentingan" di atas memang dituntut menemukan jalan sendiri untuk memecahkan problem dalam mewujudkan idealisme mereka. Meskipun jawaban yang diasongkan terhadap setiap tantangan historisnya berbeda, tetapi masing-masing mempunyai tempat dan sumbangannya dalam pembentukan dan penggalangan nasionalisme Indonesia. ***

(Benny Yohanes).



Sumber: Pikiran Rakyat, 15 Mei 1988



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenang Peristiwa 40 Tahun Silam: Taruna "Militaire Academie" Berusaha Melucuti Senjata Tentara Jepang

I NDONESIA pernah memiliki akademi militer (akmil) yang berumur sekitar 5 bulan, tapi menghasilkan lulusan "Vaandrig" (Calon Perwira) berusia muda. Selama dalam pendidikan para tarunanya telah mengalami pengalaman heroik dan patriotik. Akmil itu adalah "MA (Militaire Academice) Tangerang". Sabtu pagi ini, para alumni MA Tangerang akan mengadakan apel besar di Taman Makam Pahlawan Taruna, Jl Daan Mogot, Tangerang, Jawa Barat. Selain untuk memperingati berdirinya akmil itu, apel sekaligus untuk memperingati 40 tahun "Peristiwa Pertempuran Lengkong (PPL)". Ketua Umum Dewan Harian Nasional Angkatan 45 Jenderal (Purn) H Surono akan bertindak sebagai inspektur upacara. PPL meletus 25 Januari 1946. Ketika itu taruna MA Tangerang yang menjadi inti pasukan TKR (Tentara Keamanan Rakyat), dalam usahanya melucuti tentara Jepang di Lengkong, Kecamatan Serpong Tangerang, terjebak dalam pertempuran yang tidak seimbang. Direktur MA Tangerang, Mayor Daan Mogot...

Hari ini, 36 tahun lalu: Bom atom pertama dicoba di Alamogordo

Jalannya sejarah bangsa-bangsa di dunia termasuk Indonesia mungkin akan berbeda kalau tidak ada peristiwa yang terjadi 16 Juli, 36 tahun lalu. Pada hari itu Amerika Serikat membuka babak baru di dalam teknik, yakni berhasil meledakkan bom atom di New Mexico, tepatnya di Alamogordo. Percobaan yang berhasil ini telah memungkinkan Amerika Serikat menghasilkan bom atom lainnya yang dijatuhkan atas Hiroshima dan Nagasaki. Ketakutan akan akibat bom atom ini telah membuat Jepang ketakutan dan menyerah kepada sekutu, pada 14 Agustus 1945. Jauh-jauh hari sebelum bom atom pertama diledakkan di gurun Alamogordo itu, kurang lebih enam tahun sebelumnya Presiden Franklin D. Roosevelt menerima sepucuk surat dari Dr. Albert Einstein yang isinya mengenai kemungkinan pembuatan bom uranium yang kemampuannya sangat besar. Surat itulah yang kemudian melahirkan suatu proyek yang sangat dirahasiakan dan hanya kalangan kecil yang mengenalnya dengan nama Manhattan Engineer District di bawah pimpinan Mayor...

Hari Pahlawan: MENGENANG 10 NOPEMBER 1945

Majalah Inggeris "Army Quarterly" yang terbit pada tanggal 30 Januari 1948 telah memuat tulisan seorang Mayor Inggeris bernama R. B. Houston dari kesatuan "10 th Gurkha Raffles", yang ikut serta dalam pertempuran di Indonesia sekitar tahun 1945/1946. Selain tentang bentrokan senjata antara kita dengan pihak Tentara Inggeris, Jepang dan Belanda di sekitar kota Jakarta, di Semarang, Ambarawa, Magelang dan lain-lain lagi. Maka Mayor R. B. Houston menulis juga tentang pertempuran-pertempuran yang telah berlangsung di Surabaya. Perlu kita ingatkan kembali, maka perlu dikemukakan di sini, bahwa telah terjadi dua kali pertempuran antara Tentara Inggeris dan Rakyat Surabaya. Yang pertama selama 3 malam dan dua hari, yaitu kurang lebih 60 jam lamanya dimulai pada tanggal 28 Oktober 1945 sore, dan dihentikan pada tanggal 30 Oktober 1945 jauh di tengah malam. Dan yang kedua dimulai pada tanggal 10 Nopember 1945 pagi sampai permulaan bulan Desember 1945, jadi lebih dari 21 har...

Harun Nasution: Ajarah Syiah Tidak Akan Berkembang di Indonesia

JAKARTA (Suara Karya): Ajarah Syiah yang kini berkembang di Iran tidak akan berkembang di Indonesia karena adanya perbedaan mendasar dalam aqidah dengan ajaran Sunni. Hal itu dikatakan oleh Prof Dr Harun Nasution, Dekan pasca Sarjana IAIN Jakarta kepada Suara Karya  pekan lalu. Menurut Harun, ajaran Syiah Duabelas di dalam rukun Islamnya selain mengakui syahadat, shalat, puasa, haji, dan zakat juga menambahkan imamah . Imamah artinya keimanan sebagai suatu jabatan yang mempunyai sifat Ilahi, sehingga Imam dianggap bebas dari perbuatan salah. Dengan kata lain Imam adalah Ma'sum . Sedangkan dalam ajaran Sunni, yang dianut oleh sebagian besar umat Islam Indonesia berkeyakinan bahwa hanya Nabi Muhammad saja yang Ma'sum. Imam hanyalah orang biasa yang dapat berbuat salah. Oleh karena Imam bebas dari perbuatan salah itulah maka Imam Khomeini di Iran mempunyai karisma sehingga dapat menguasai umat Syiah di Iran. Apapun yang diperintahkan oleh Imam Khomeini selalu diturut oleh umatnya....

Ritual Nasional yang Lahir dari Perlawanan Surabaya

Oleh Wiratmo Soekito P ERLAWANAN organisasi-organisasi pemuda Indonesia di Surabaya selama 10 hari dalam permulaan bulan November 1945 dalam pertempuran melawan pasukan-pasukan Inggris yang dibantu dengan pesawat-pesawat udara dan kapal-kapal perang memang tidak dapat mengelakkan jatuhnya kurban yang cukup besar. Akan tetapi, hasil Perlawanan Surabaya itu bukannya  kekalahan, melainkan, kemenangan . Sebab, hasil Perlawanan Surabaya itulah yang telah menyadarkan Inggris untuk memaksa Belanda agar berunding dengan Indonesia sampai tercapainya Perjanjian Linggarjati (1947), yang kemudian dirusak oleh Belanda, sehingga timbullah perlawanan-perlawanan baru dalam Perang Kemerdekaan Pertama (1947-1948) dan Perang Kemerdekaan Kedua (1948-1949), meskipun tidak semonumental Perlawanan Surabaya. Gugurnya para pahlawan Indonesia dalam Perlawanan Surabaya memang merupakan kehilangan besar bagi Republik, yang ketika itu baru berumur 80 hari, tetapi sebagai martir, mereka telah melahirkan satu ri...

Dr. Danudirjo Setiabudi

Dr. Danudirdjo Setiabudi  adalah nama Indonesia dari Dr. Ernest F. E. Douwes Dekker. Beberapa waktu yang lalu, pemerintah memberikan gelar kepada Danudirjo sebagai Perintis Perkembangan Pers Indonesia, bersama beberapa orang yang lain yang berjasa. Kalau pemerintah menganggap Danudirjo sebagai perintis perkembangan pers Indonesia, maka sebenarnya jasa beliau lebih besar dari itu. Beliau adalah pendekar perjuangan kemerdekaan Indonesia. Bersama Suwardi Suryaningrat (K. H. Dewantara) dan Dr. Cipto Mangunkusumo, mereka disebut Tiga Serangkai, karena mereka bertiga bersama-sama memperjuangkan kemerdekaan bangsa lewat wadah Indische Partij. Danudirjo Setiabudi lahir pada tahun 1879 di sebuah kota kecil di Jawa Timur yakni Pasuruan. Setelah berhasil menamatkan sekolah menengahnya dan sekolah lanjutannya di Indonesia, Danurdirjo pergi ke Eropa dan melanjutkan pelajarannya, kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Zurich (Swiss). Sejak bocah, Danudirjo telah memiliki jiwa kemerdekaan yang...

TRAGEDI HIROSHIMA: Maaf Itu Tidak Pernah Terucapkan ....

Di mata rakyat Jepang, nama Paul Warfield Tibbet Jr menyisakan kenangan pedih. Dialah orang yang meluluhlantakkan Kota Hiroshima dalam sekejap pada 6 Agustus 1945 lalu. Yang lebih pedih lagi, Tibbets, seperti juga pemerintah Amerika Serikat, tidak pernah mau meminta maaf atas perbuatannya itu. Akibat bom atom 'Little Boy' berbobot 9.000 pon (4 ton lebih) yang dijatuhkan dari pesawat pengebom B-29 bernama Enola Gay, 140 ribu warga Hiroshima harus meregang nyawa seketika dan 80 ribu lainnya menyusul kemudian dengan penderitaan luar biasa. Sebuah kejadian yang menjadi catatan tersendiri dalam sejarah perang yang pernah ada di muka bumi. Hingga kini seluruh rakyat Jepang masih menanti kata 'maaf' dari pemerintah AS atas perbuatan mereka 62 tahun silam itu. Paling tidak, Tibbets secara pribadi mau menyampaikan penyesalannya. "Tapi ia tidak pernah meminta maaf. Seperti juga pemerintah AS, ia justru beralasan bom itu telah menyelamatkan jutaan orang Amerika dan Jepa...