Langsung ke konten utama

Banyak Praktek Kejawen yang Sangat Islami

JAKARTA (Suara Karya): Islam dalam refleksi tradisi kejawen dijadikan topik pembahasan dalam silaturahmi ilmiah yang diselenggarakan Serambi Paramadina di Hotel Kartika Chandra, Senin malam (19/8). Dr Bambang Pranowo dari Badan Litbang Departemen Agama dan Dr Nurcholish Madjid tampil sebagai pembicara utama untuk membahas topik tersebut.

Diskusi yang dipandu oleh Dr Komaruddin Hidayat, dosen Pascasarjana IAIN Jakarta itu menyoroti penghayatan keislaman orang Jawa. Dr. Bambang Pranowo, doktor antropologi sosial lulusan Monash University, Australia, menilai bahwa orang Jawa yang mengaku atau disebut abangan pada dasarnya tetaplah menganggap dirinya sebagai orang Islam yang baik, meskipun ia sehari-hari tidak shalat.

Dari hasil observasi lapangan di desa Tegalroso (Tegalrejo-Jatim) Bambang Pranowo banyak melihat praktek Kejawen yang Islami. Seorang dukun, misalnya, akan selalu menghubungkan pengetahuan mistisnya dengan sumber-sumber Islam. Tembang-tembang, wayang, bunyi nasihat orang tua atau pemuka masyarakat banyak mengandung ajaran yang sangat Islami.

Seorang disebut kejawen atau abangan biasanya dikategorikan sebagai orang yang "belum" menjalankan dan bukan "tidak" menjalani ibadah. Bahkan orang Jawa yang "dereng nglampahi" (belum menjalankan) itu pada umumnya juga mengakui kebaikan praktek ibadah seperti sembahyang 5 waktu. Tidak sedikit dari mereka malah tidak puas jika keislaman itu hanya ditekankan pada aspek ritual yang cenderung kepada rutinitas tanpa makna.

Trikotomi Abangan

Dr Nurcholish Madjid, staf peneliti LIPI yang juga dosen Pascasarjana IAIN Jakarta, banyak mendukung pendapat Dr Bambang Pranowo. Menurut Cak Nur, Clifford Geertz yang mempopulerkan trikotomi abangan, santri, dan priyayi pada bukunya The Religion of Java (1960), sebenarnya pada waktu itu tidak tahu tentang Islam. Bantahan terhadap Geerts itu telah banyak muncul baik dari pakar Barat maupun Timur.

Kenyataan bahwa masih banyak orang Jawa disebut abangan atau kejawen, dinilai Nurcholish sebagai suatu hal yang wajar dilihat dari kehadiran agama Islam di bumi Nusantara ini. "Islam ke Indonesia relatif masih baru yaitu sejak abad 15-16 walau di Aceh sudah pada abad pertama hijriyah. Dibanding India yang Islam masuk abad ke-7, maka kita masih dalam proses. Islamisasi kita belum selesai," ucap Cak Nur.

Dilihat dari konteks akulturasi dan sinkretisasi, keislaman orang Jawa bukanlah hal yang unik. Menurut Nurcholish di Iran atau di India pun sangat menonjol ajaran Islam yang diwarnai budaya setempat. Sultan Agung, raja Mataram (1613-1645) disebut Nurcholish sebagai Bapak Sinkretisme, peleburan Jawa dalam Islam atau peleburan Islam dalam Jawa.

Peleburan tersebut bagi Nurcholish bukan suatu hal yang masalah jika Islam dilihat secara universal. "Islam bisa ditinjau dari mana saja. Sebenarnya Islam itu mementingkan isi, bukan medium atau alat. Jika ada yang meributkan keragaman Islam, maka itu gejala tidak melihat substansi," ucapnya. (U-1).


Sumber: Suara Karya, Tanpa tanggal

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkaian Peristiwa Bandung Lautan Api (4) Perintah: Bumi-hanguskan Semua Bangunan

Oleh AH NASUTION Bandung Lautan Api Setelah di pos komando, oleh kepala staf diperlihatkan "kawat dari Yogya" tanpa alamat si pengirim: "Tiap sejengkal tumpah darah harus dipertahankan." Maka mulailah perundingan-perundingan, dengan sipil, dengan badan perjuangan dan dengan komandan-komandan resimen 8 serta Pelopor. Pihak sipil meminta sekali lagi kepada panglima div Inggris untuk menunda batas waktu, agar rakyat dapat ditenangkan dan diatur. Tapi Inggris menolak. Walikota berpidato, bahwa pemerintah sipil menaati instruksi pemerintah pusat dan akan tetap berada bersama rakyat di dalam kota. Letkol. Sutoko menyarankan: ke luar bersama rakyat. Letkol Omon A. Rahman menyatakan: resmi taat, tapi sebagai rakyat berjuang terus. Mayor Rukmana: ledakan terowongan Citarum di Rajamandala, supaya kita buat "Bandung Lautan Api" dan "Bandung Lautan Air". Keadaan amat emosional Sebagai panglima penanggung jawab saya putuskan akhirn...

Putusan Congres Pemuda-pemuda Indonesia

K ERAPATAN pemoeda-pemoeda Indonesia diadakan oleh perkoempoelan-perkoempoelan pemoeda Indonesia jang berdasarkan kebangsaan dengan namanja : Jong Java, Jong Soematera (pemoeda Soematera), Pemoeda Indonesia, Sekar Roekoen, Jong Islamieten Bond, Jong Bataksbond, Jong Celebes, Pemoeda Kaoem Betawi dan perhimpoenan. Memboeka rapat tanggal 27 dan 28 October tahun 1928 dinegeri Djakarta ; Kerapatan laloe mengambil poeteoesan :  PERTAMA : KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH INDONESIA. KEDOEA : KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERBANGSA JG SATOE, BANGSA INDONESIA. KETIGA : KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENDJUNGDJUNG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA. Setelah mendengar poetoesan ini, kerapatan mengeloearkan kejakinan azas ini wadjib dipakai oleh segala perkoempoelan-perkoempoelan kebangsaan Indonesia. Mengeloerkan kejakinan persatoean Indonesia diperkoeat dengan memperhatikan dasar persatuannja : Kemaoean, sedjarah, bahasa hoekoem adat...

Kemerdekaan, Hadiah dari Siapa?

Oleh ERHAM BUDI W. ANAK  bangsa adalah anak sejarah sekaligus ahli waris kisah. Mewarisi kisah berarti juga mewarisi semangat. Dengan semangat itulah, kisah selanjutnya akan ditorehkan oleh para penerus. Berkaitan dengan ulang tahun kemerdekaan yang lusa kita peringati bersama, pertanyaan kritis yang kerap muncul adalah benarkah kemerdekaan yang kita peroleh merupakan buah perjuangan? Ataukah hadiah belaka? Kemerdekaan memang bisa dimaknai sebagai hadiah, tapi tentu bukan pemberian cuma-cuma. Hadiah dari Jepang? Kemerdekaan Indonesia dianggap sebagai hadiah dari Pemerintah Jepang. Asumsi tersebut sebenarnya cukup beralasan. Gagasan menghadiahkan kemerdekaan kepada Indonesia muncul pada 7 September 1944 melalui pernyataan PM Koiso Kuniaki yang menggantikan Hideo Tojo. Sejak saat itulah, Sang Saka Merah Putih boleh dikibarkan. Bahkan, Laksamana Muda Maeda Tadashi mendirikan Asrama Indonesia Merdeka di Jakarta serta membantu biaya perjalanan Sokarno dan Hatta ke beberapa...

"Abangan"

Oleh AJIP ROSIDI I STILAH abangan berasal dari bahasa Jawa, artinya "orang-orang merah", yaitu untuk menyebut orang yang resminya memeluk agama Islam, tetapi tidak pernah melaksanakan syariah seperti salat dan puasa. Istilah itu biasanya digunakan oleh kaum santri  kepada mereka yang resminya orang Islam tetapi tidak taat menjalankan syariah dengan nada agak merendahkan. Sebagai lawan dari istilah abangan  ada istilah putihan , yaitu untuk menyebut orang-orang Islam yang taat melaksanakan syariat. Kalau menyebut orang-orang yang taat menjalankan syariat dengan putihan  dapat kita tebak mungkin karena umumnya mereka suka memakai baju atau jubah putih. Akan tetapi sebutan abangan-- apakah orang-orang itu selalu atau umumnya memakai baju berwarna merah? Rasanya tidak. Sebutan abangan  itu biasanya digunakan oleh orang-orang putihan , karena orang "abangan" sendiri menyebut dirinya "orang Islam". Istilah abangan  menjadi populer sejak digunakan oleh Clifford ...