Langsung ke konten utama

Kesultanan Islam Kutai Kartanegara

SEJARAH Islam di Indonesia terlalu kuat orientasinya pada Jawa dan Sumatra, sehingga sedikit saja yang kita ketahui tentang sejarah Islam di kawasan-kawasan lain Indonesia. Baik buku tebal tentang "Sejarah Ummat Islam" yang ditulis Dr. Hamka sampai kepada brosur ukuran sedang yang ditulis oleh Prof. T. H. Ismail Yakub berjudul "Sejarah Islam di Indonesia" terlalu singkat belaka membahas Islam di Kalimantan, terlebih-lebih lagi tentang Kesultanan Islam Kutai Kartanegara di Tenggarong Kalimantan Timur sama sekali tidak ditulis. Sudah barang tentu hal ini merupakan tanggng jawab kita bersama, terutama mereka yang berminat kepada ilmu sejarah untuk menggali sedalam-dalamnya sejarah Islam di seluruh kawasan tanah air. 

Kalimantan merupakan pulau yang terbesar di Nusantara dalam sejarahnya mengenal beberapa kesultanan: Kesultanan Islam di Sambas (Kalbar), Kesultanan Banjar (Kalsel), Kesultanan Berunei yang kini dikenal sebagai Negara Brunai Darussalam, dan Kesultanan Islam Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur. Sebagaimana lazimnya kesultanan-kesultanan Islam di Nusantara, kesultanan Kutai pun merupakan kerajaan maritim. Kesultanan yang berdiri pada sekitar abad ke-14 ini mempunyai istana besar yang dibangun di tepi sungai Mahakam. Pada masa kesultanan ke-19 di masa A. M. Parikesit, istana tersebut oleh Belanda pada tahun 1936 (lihat gambar).

Pengaruh kebudayaan Jawa (Majapahit) cukup terasa pada kesultanan Kutai, beberapa peninggalan masih tersimpan dengan baik di istana tersebut (yang kini telah menjadi museum daerah) semisal Gamelan Gajah Prawoto, Kalung Whisnu, patung Wijra Patmi. Adanya pengaruhan non Islam itu dapat difahami mengingat Kesultanan Islam Kutai Kartanegara merupakan kekuasaan baru yang sebelumnya menggulingkan kekuasaan Hindu Kutai Mulawarman. Museum (bekas istana) yang diberi nama Museum Negeri Kaltim Mulawarman itu ditata cukup baik, peninggalan-peninggalan purbakala itu nampaknya terawat, singgasana raja yang dibuat pada abad ke-19 masih baik, begitupun rehal (meja lipat untuk membaca Al-Qur'an) bentuknya amat unik, karena ukurannya sedikit agak tinggi (kurang lebih 0,5 m) dibandingkan dengan rata-rata rehal yang kita kenal. Bagi peminat sejarah kiranya penting untuk menyimak peninggalan-peninggalan tersebut sebagai bahan untuk melacak lebih jauh tentang tipologi kerajaan maritim di Kutai itu. Seperti kita ketahui masyarakat agraris suku Dayak hinggapun kini masih bertempat tinggal di pedalaman dengan keyakinan/kepercayaan purbawi yang masih dianutnya. Lantas seberapa intenskah  pola hubungan antara Kesultanan Islam Kutai Kartanegara dengan masyarakat Dayak itu sepanjang sejarah ratusan tahun? Kiranya cukup menantang untuk dijelajahi. (RS).



Sumber: Panji Masyarakat No. 447, 31 Mei 1987



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkaian Peristiwa Bandung Lautan Api (4) Perintah: Bumi-hanguskan Semua Bangunan

Oleh AH NASUTION Bandung Lautan Api Setelah di pos komando, oleh kepala staf diperlihatkan "kawat dari Yogya" tanpa alamat si pengirim: "Tiap sejengkal tumpah darah harus dipertahankan." Maka mulailah perundingan-perundingan, dengan sipil, dengan badan perjuangan dan dengan komandan-komandan resimen 8 serta Pelopor. Pihak sipil meminta sekali lagi kepada panglima div Inggris untuk menunda batas waktu, agar rakyat dapat ditenangkan dan diatur. Tapi Inggris menolak. Walikota berpidato, bahwa pemerintah sipil menaati instruksi pemerintah pusat dan akan tetap berada bersama rakyat di dalam kota. Letkol. Sutoko menyarankan: ke luar bersama rakyat. Letkol Omon A. Rahman menyatakan: resmi taat, tapi sebagai rakyat berjuang terus. Mayor Rukmana: ledakan terowongan Citarum di Rajamandala, supaya kita buat "Bandung Lautan Api" dan "Bandung Lautan Air". Keadaan amat emosional Sebagai panglima penanggung jawab saya putuskan akhirn...

Putusan Congres Pemuda-pemuda Indonesia

K ERAPATAN pemoeda-pemoeda Indonesia diadakan oleh perkoempoelan-perkoempoelan pemoeda Indonesia jang berdasarkan kebangsaan dengan namanja : Jong Java, Jong Soematera (pemoeda Soematera), Pemoeda Indonesia, Sekar Roekoen, Jong Islamieten Bond, Jong Bataksbond, Jong Celebes, Pemoeda Kaoem Betawi dan perhimpoenan. Memboeka rapat tanggal 27 dan 28 October tahun 1928 dinegeri Djakarta ; Kerapatan laloe mengambil poeteoesan :  PERTAMA : KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH INDONESIA. KEDOEA : KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERBANGSA JG SATOE, BANGSA INDONESIA. KETIGA : KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENDJUNGDJUNG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA. Setelah mendengar poetoesan ini, kerapatan mengeloearkan kejakinan azas ini wadjib dipakai oleh segala perkoempoelan-perkoempoelan kebangsaan Indonesia. Mengeloerkan kejakinan persatoean Indonesia diperkoeat dengan memperhatikan dasar persatuannja : Kemaoean, sedjarah, bahasa hoekoem adat...

Kemerdekaan, Hadiah dari Siapa?

Oleh ERHAM BUDI W. ANAK  bangsa adalah anak sejarah sekaligus ahli waris kisah. Mewarisi kisah berarti juga mewarisi semangat. Dengan semangat itulah, kisah selanjutnya akan ditorehkan oleh para penerus. Berkaitan dengan ulang tahun kemerdekaan yang lusa kita peringati bersama, pertanyaan kritis yang kerap muncul adalah benarkah kemerdekaan yang kita peroleh merupakan buah perjuangan? Ataukah hadiah belaka? Kemerdekaan memang bisa dimaknai sebagai hadiah, tapi tentu bukan pemberian cuma-cuma. Hadiah dari Jepang? Kemerdekaan Indonesia dianggap sebagai hadiah dari Pemerintah Jepang. Asumsi tersebut sebenarnya cukup beralasan. Gagasan menghadiahkan kemerdekaan kepada Indonesia muncul pada 7 September 1944 melalui pernyataan PM Koiso Kuniaki yang menggantikan Hideo Tojo. Sejak saat itulah, Sang Saka Merah Putih boleh dikibarkan. Bahkan, Laksamana Muda Maeda Tadashi mendirikan Asrama Indonesia Merdeka di Jakarta serta membantu biaya perjalanan Sokarno dan Hatta ke beberapa...

"Abangan"

Oleh AJIP ROSIDI I STILAH abangan berasal dari bahasa Jawa, artinya "orang-orang merah", yaitu untuk menyebut orang yang resminya memeluk agama Islam, tetapi tidak pernah melaksanakan syariah seperti salat dan puasa. Istilah itu biasanya digunakan oleh kaum santri  kepada mereka yang resminya orang Islam tetapi tidak taat menjalankan syariah dengan nada agak merendahkan. Sebagai lawan dari istilah abangan  ada istilah putihan , yaitu untuk menyebut orang-orang Islam yang taat melaksanakan syariat. Kalau menyebut orang-orang yang taat menjalankan syariat dengan putihan  dapat kita tebak mungkin karena umumnya mereka suka memakai baju atau jubah putih. Akan tetapi sebutan abangan-- apakah orang-orang itu selalu atau umumnya memakai baju berwarna merah? Rasanya tidak. Sebutan abangan  itu biasanya digunakan oleh orang-orang putihan , karena orang "abangan" sendiri menyebut dirinya "orang Islam". Istilah abangan  menjadi populer sejak digunakan oleh Clifford ...