Langsung ke konten utama

Hari Pahlawan: MENGENANG 10 NOPEMBER 1945

Majalah Inggeris "Army Quarterly" yang terbit pada tanggal 30 Januari 1948 telah memuat tulisan seorang Mayor Inggeris bernama R. B. Houston dari kesatuan "10 th Gurkha Raffles", yang ikut serta dalam pertempuran di Indonesia sekitar tahun 1945/1946. Selain tentang bentrokan senjata antara kita dengan pihak Tentara Inggeris, Jepang dan Belanda di sekitar kota Jakarta, di Semarang, Ambarawa, Magelang dan lain-lain lagi. Maka Mayor R. B. Houston menulis juga tentang pertempuran-pertempuran yang telah berlangsung di Surabaya. Perlu kita ingatkan kembali, maka perlu dikemukakan di sini, bahwa telah terjadi dua kali pertempuran antara Tentara Inggeris dan Rakyat Surabaya. Yang pertama selama 3 malam dan dua hari, yaitu kurang lebih 60 jam lamanya dimulai pada tanggal 28 Oktober 1945 sore, dan dihentikan pada tanggal 30 Oktober 1945 jauh di tengah malam. Dan yang kedua dimulai pada tanggal 10 Nopember 1945 pagi sampai permulaan bulan Desember 1945, jadi lebih dari 21 hari lamanya atau lebih dari 500 jam.

Dalam kesaksian Mayor Houston antara lain menulis, bahwa dalam pertempuran yang kedua kalinya di Surabaya sejak 10 Nopember 1945 waktu dahulu itu, Rakyat Surabaya dengan keberanian dan fanatisme yang begitu luar biasa, sehingga--kata Mayor R. B. Houston--the Indonesian were only driven out of Sourabaya after a tremendous artillery and naval bombardment and twenty-one days of sever fighting. Yang artinya kurang lebih: Rakyat Indonesia hanya dapat didesak keluar dari kota Surabaya setelah digempur secara dahsyat oleh meriam-meriam artillery dan meriam angkatan laut, dan setelah dua puluh satu hari pertempuran secara sengit.

Perlu penulis menjelaskan pula di sini, bahwa Mayor R. B. Houston lupa bahwa kota Surabaya selama tiga pekan pertempuran itu tidak hanya dibom setiap siang dan malam oleh meriam-meriam angkatan darat dan angkatan laut Inggeris, tetapi juga oleh berpuluh-puluh pesawat terbang pemburu dan pengebom.

Pokoknya pertempuran di Surabaya dahulu memang hebat sekali. Beribu-ribu rakyat dan pemuda-pemuda kita gugur sebagai kusuma bangsa. Beribu-ribu lainnya luka-luka dan menjadi cacad seumur hidupnya. Sebaliknya Inggeris pun mengakui bahwa korban mereka berat sekali, sehingga seorang penulis lainnya yaitu Letkol. A. J. F. Doulton dalam buku kenang-kenangan Brigade Inggeris yang bertempur di Surabaya itu dengan judul: The Fighting Cock, menamakan kota Surabaya sebagai "Inferno" atau "Neraka" bagi dia. Sedangkan seorang perwira Inggeris lainnya bernama Kapten David Wehl dalam bukunya: The Birth of Indonesia, menulis bahwa sesudah pertempuran-pertempuran di Surabaya itu tidak ada lagi pertempuran-pertempuran di lain-lain daerah di Indonesia yang begitu dahsyat, begitu sengit, begitu tabah, dan begitu berani dan fanatik seperti di Surabaya itu. Kata-kata yang digunakan oleh Kapten David Wehl dalam bukunya adalah "the fanaticsm and fury of Surabaya was never repeated. There was not fighting in the Republican ranks to compare with Sourabaya, either in courage or in tenacity."

Kembali kita kutip tulisan Mayor R. B. Houston di atas menambahkan, bahwa sejak pertempuran-pertempuran di Surabaya itu rakyat Indonesia di mana-mana cepat bangkit memberontak melawan Tentara Inggeris, Belanda dan Jepang, laksana kecepatan api yang sedang membakar hutan yang kering. Kata Mayor R. B. Houston: The flames of revolt meanwhile spread through of Java with the speed of a jungle fire.---

************



Sumber: KORPRI, Tanpa tanggal



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkaian Peristiwa Bandung Lautan Api (4) Perintah: Bumi-hanguskan Semua Bangunan

Oleh AH NASUTION Bandung Lautan Api Setelah di pos komando, oleh kepala staf diperlihatkan "kawat dari Yogya" tanpa alamat si pengirim: "Tiap sejengkal tumpah darah harus dipertahankan." Maka mulailah perundingan-perundingan, dengan sipil, dengan badan perjuangan dan dengan komandan-komandan resimen 8 serta Pelopor. Pihak sipil meminta sekali lagi kepada panglima div Inggris untuk menunda batas waktu, agar rakyat dapat ditenangkan dan diatur. Tapi Inggris menolak. Walikota berpidato, bahwa pemerintah sipil menaati instruksi pemerintah pusat dan akan tetap berada bersama rakyat di dalam kota. Letkol. Sutoko menyarankan: ke luar bersama rakyat. Letkol Omon A. Rahman menyatakan: resmi taat, tapi sebagai rakyat berjuang terus. Mayor Rukmana: ledakan terowongan Citarum di Rajamandala, supaya kita buat "Bandung Lautan Api" dan "Bandung Lautan Air". Keadaan amat emosional Sebagai panglima penanggung jawab saya putuskan akhirn...

Putusan Congres Pemuda-pemuda Indonesia

K ERAPATAN pemoeda-pemoeda Indonesia diadakan oleh perkoempoelan-perkoempoelan pemoeda Indonesia jang berdasarkan kebangsaan dengan namanja : Jong Java, Jong Soematera (pemoeda Soematera), Pemoeda Indonesia, Sekar Roekoen, Jong Islamieten Bond, Jong Bataksbond, Jong Celebes, Pemoeda Kaoem Betawi dan perhimpoenan. Memboeka rapat tanggal 27 dan 28 October tahun 1928 dinegeri Djakarta ; Kerapatan laloe mengambil poeteoesan :  PERTAMA : KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH INDONESIA. KEDOEA : KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERBANGSA JG SATOE, BANGSA INDONESIA. KETIGA : KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENDJUNGDJUNG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA. Setelah mendengar poetoesan ini, kerapatan mengeloearkan kejakinan azas ini wadjib dipakai oleh segala perkoempoelan-perkoempoelan kebangsaan Indonesia. Mengeloerkan kejakinan persatoean Indonesia diperkoeat dengan memperhatikan dasar persatuannja : Kemaoean, sedjarah, bahasa hoekoem adat...

Kemerdekaan, Hadiah dari Siapa?

Oleh ERHAM BUDI W. ANAK  bangsa adalah anak sejarah sekaligus ahli waris kisah. Mewarisi kisah berarti juga mewarisi semangat. Dengan semangat itulah, kisah selanjutnya akan ditorehkan oleh para penerus. Berkaitan dengan ulang tahun kemerdekaan yang lusa kita peringati bersama, pertanyaan kritis yang kerap muncul adalah benarkah kemerdekaan yang kita peroleh merupakan buah perjuangan? Ataukah hadiah belaka? Kemerdekaan memang bisa dimaknai sebagai hadiah, tapi tentu bukan pemberian cuma-cuma. Hadiah dari Jepang? Kemerdekaan Indonesia dianggap sebagai hadiah dari Pemerintah Jepang. Asumsi tersebut sebenarnya cukup beralasan. Gagasan menghadiahkan kemerdekaan kepada Indonesia muncul pada 7 September 1944 melalui pernyataan PM Koiso Kuniaki yang menggantikan Hideo Tojo. Sejak saat itulah, Sang Saka Merah Putih boleh dikibarkan. Bahkan, Laksamana Muda Maeda Tadashi mendirikan Asrama Indonesia Merdeka di Jakarta serta membantu biaya perjalanan Sokarno dan Hatta ke beberapa...

"Abangan"

Oleh AJIP ROSIDI I STILAH abangan berasal dari bahasa Jawa, artinya "orang-orang merah", yaitu untuk menyebut orang yang resminya memeluk agama Islam, tetapi tidak pernah melaksanakan syariah seperti salat dan puasa. Istilah itu biasanya digunakan oleh kaum santri  kepada mereka yang resminya orang Islam tetapi tidak taat menjalankan syariah dengan nada agak merendahkan. Sebagai lawan dari istilah abangan  ada istilah putihan , yaitu untuk menyebut orang-orang Islam yang taat melaksanakan syariat. Kalau menyebut orang-orang yang taat menjalankan syariat dengan putihan  dapat kita tebak mungkin karena umumnya mereka suka memakai baju atau jubah putih. Akan tetapi sebutan abangan-- apakah orang-orang itu selalu atau umumnya memakai baju berwarna merah? Rasanya tidak. Sebutan abangan  itu biasanya digunakan oleh orang-orang putihan , karena orang "abangan" sendiri menyebut dirinya "orang Islam". Istilah abangan  menjadi populer sejak digunakan oleh Clifford ...