Langsung ke konten utama

Reinterpretasi Kebangkitan Nasional

Arif B Sholihah
Dosen Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UII

Tulisan ini bukanlah sebuah pernyataan politik, atau bahkan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik. Tulisan ini hanya bermaksud melihat kembali sesuatu dengan sudut pandangnya sendiri.

Tulisan ini justru diilhami oleh sebuah peristiwa 'kimiawi' biasa, yakni jatuh cintanya seorang perempuan muda, Jawa, pada seorang pria muda, seorang insinyur pula. Ia, teman saya ini, kemudian berkeputusan untuk menyatakan cintanya pada pria pujaannya itu, dua hari yang lalu--saat purnama.

Tentu saja tulisan ini tidak akan bercerita tentang 'prosesi' pengungkapan cinta tersebut, akan tetapi justru alasan kenapa kemudian si perempuan itu berkeputusan untuk mengekspresikan perasaannya itu menjadi menarik. Apalagi jika kita hubungkan dengan akhir bulan Mei, ketika semua orang memperingati apa yang dikenal luas sebagai Hari Kebangkitan Nasional--setiap 20 Mei.

Tanpa bermaksud merendahkan Budi Oetomo yang pada saat itu menjadi simbol bagi peristiwa sejarah yang sampai hari ini selalu kita peringati, tapi berharap justru akan memperkaya makna bagi sebuah kata agung Kebangkitan Nasional.

Ini bermula dari sebuah pernyataannya, setelah cintanya ditolak dengan semena-mena. Teman saya ini kemudian justru punya sebuah pendapat baru, paling tidak bagi saya tentang arti sebuah cinta. Ia menyatakan, "Saya lega, pernyataan cinta saya tadi malam adalah membebaskan, karena saya akhirnya menyadari bahwa paling tidak dalam hidup saya, saya pernah menjadi diri sendiri, yaitu pada saat saya mengekspresikan diri saya padanya. Mungkin kalau saya mati nanti, saya tidak akan lagi bertanya-tanya, apa yang sudah pernah saya lakukan dengan seluruh perasaan saya. Tidak lagi 'gubraak!' seperti seseorang yang terlambat menyadari dan belum melakukan sesuatupun dalam hidupnya, paling tidak saya pernah menyatakan kata cinta." Itulah pernyataan devotifnya.

Begitu agungnya cinta, itu pula yang saya tangkap dari sebuah pergerakan besar, bertahun-tahun yang lalu. Ketika sekelompok anak muda, kalangan paling intelek negeri ini, menyatakan cintanya pada bumi pertiwi melalui sebuah 'pergerakan baru' pada saatnya. Mungkin sudah banyak yang mengulasnya, bahkan hingga ke detailnya sekalipun.

Saya ingin berangkat dari kedua peristiwa di atas, ketika anak manusia berikrar menyatakan cinta, muka-muka cinta yang berbeda, tapi dalam muka apa pun cinta yang agung itu membuat mereka punya energi luar biasa untuk melakukan sesuatu, paling tidak sebuah pernyataan yang menginspirasi orang lain untuk berbuat sesuatu.

Energi cinta

Hari ini, apa yang kita saksikan dan alami di tanah air, adalah setali tiga uang dengan balada yang bertahun lalu dinyatakan oleh Ebiet G Ade, dengan, "Tuhan, semua terserah titah-Mu, merah hitam tanah kami, pucat pasi wajah bumi." Berita-berita di seluruh media adalah kekerasan, kesedihan, yang semuanya bertolak belakang dengan cinta yang mampu mendamaikan dan menggerakkan kita untuk berbuat lebih baik lagi.

Sudah saatnya setiap kita melihat keadaan negeri ini dengan cinta. Cinta yang membebaskan, cinta yang membagi, dan cinta yang memproduksi energi untuk berbuat yang terbaik di bidang kita masing-masing. Mampukah kita berkata, "Saya bekerja karena cinta, pada tanah air tempat kita dilahirkan."

Sudah tidak ada waktu lagi buat kita untuk masih berdiam diri. Saatnya kita melihat ke bawah, ke seluruh negeri ini dengan rasa cinta. Pesan Nabi SAW yang menyatakan, "Lihatlah ke bawah, jangan lihat ke atas," seharusnya tidak saja kita teladani, tapi juga segera kita amalkan.

Pesan tadi juga memiliki arti bagi kita untuk mensyukuri nikmat, no matter happens (tidak bermaksud menyindir teman saya yang ditolak cintanya). Karena, dalam kesyukuran kita akan tersadar bahwa masih banyak saudara kita yang memerlukan kita. Bukanlah dalam arti sok bisa membantu orang lain dengan jargon-jargon mengentaskan kemiskinan, membela hak asasi manusia, dan sebagainya. Akan tetapi untuk berbagi, bekerja bersama-sama, membangkitkan kembali negeri ini menuju kemakmuran dalam arti yang sesungguhnya.

Negeri ini punya puluhan ribu sarjana pertanian. Jika setiap orangnya mampu berbuat yang terbaik dan menghasilkan sebuah inovasi dalam bidangnya, tentu wajah petani kita akan lebih cerah dari sebelumnya. Sudah saatnya paradigma laboratorium, penelitian ilmiah, dan semua yang masih di awang-awang itu kita daratkan. Paradigma from lab to land harus mulai kita lakukan.

Seluruh anak bangsa dalam bidang yang lain juga harus melakukan hal yang sama. Bagaimana mungkin negeri yang kita sebut tanah dan air sekarang ini, bahkan di daerah pegunungan, telah kekurangan sumber daya air. Konservasi air yang sesungguhnya harus kita jaga bersama tampaknya belum dengan serius kita garap. Padahal sesungguhnya air adalah hidup itu sendiri.

Peran politisi

Lalu bagaimana dengan yang terhormat para politisi kita? Saya mungkin tidak lagi berharap banyak pada mereka yang duduk di gedung mewah itu. Tapi bukankah di seluruh negeri ini kita punya pengurus partai. Dari tingkat ranting, cabang, hingga batang pokoknya.

Pernahkah mereka melihat pendukungnya dengan cinta. Cinta yang sesungguhnya, bukan cinta palsu yang mereka ekspresikan melalui money politics, atau sekadar membagikan kalender bergambar sang ketua partai, yang konon setahun lagi ingin menyatakan cintanya pada kata "RI 1".

Kalau saja istilah ranting, cabang, dan seterusnya itu mereka maknai dengan visi baru, mereka akan tersadar bahwa mereka bisa menjadi pohon yang melindungi dalam arti yang sesungguhnya, bahkan harfiah sekalipun. Saya punya bayangan indah kalau saja setiap simpatisan partai ini menanam satu pohon saja (yang selama ini mereka juga digambarkan secara harfiah sebagai bagian dari pohon) maka mungkin bencana banjir, tanah longsor, dan bencana alam lain yang dikarenakan kerusakan lingkungan tidak akan terdengar lagi di negeri ini.

Di peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-95 ini, sayup-sayup kita dengar pemerintah mencanangkan kembali Gerakan Cinta Produksi Dalam Negeri, meski gaungnya terpatahkan oleh berita-berita 'pencanangan' lain, seperti keadaan darurat militer di Aceh, atau bahkan final Piala Champions, setidaknya memberikan harapan tentang cinta kita pada negeri ini, bermula dari kata agung Kebangkitan Nasional.

Semoga pernyataan orang-orang yang dilanda cinta tadi menginspirasi kita. Jangan sampai kita terlambat menyadari dan tidak ada kesempatan lagi untuk membuktikan cinta kita pada negeri ini dengan usaha dan tenaga yang penuh untuk berbuat yang terbaik demi kejayaan bangsa dan negara. []



Sumber: Republika, 27 Mei 2003



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkaian Peristiwa Bandung Lautan Api (4) Perintah: Bumi-hanguskan Semua Bangunan

Oleh AH NASUTION Bandung Lautan Api Setelah di pos komando, oleh kepala staf diperlihatkan "kawat dari Yogya" tanpa alamat si pengirim: "Tiap sejengkal tumpah darah harus dipertahankan." Maka mulailah perundingan-perundingan, dengan sipil, dengan badan perjuangan dan dengan komandan-komandan resimen 8 serta Pelopor. Pihak sipil meminta sekali lagi kepada panglima div Inggris untuk menunda batas waktu, agar rakyat dapat ditenangkan dan diatur. Tapi Inggris menolak. Walikota berpidato, bahwa pemerintah sipil menaati instruksi pemerintah pusat dan akan tetap berada bersama rakyat di dalam kota. Letkol. Sutoko menyarankan: ke luar bersama rakyat. Letkol Omon A. Rahman menyatakan: resmi taat, tapi sebagai rakyat berjuang terus. Mayor Rukmana: ledakan terowongan Citarum di Rajamandala, supaya kita buat "Bandung Lautan Api" dan "Bandung Lautan Air". Keadaan amat emosional Sebagai panglima penanggung jawab saya putuskan akhirn...

Putusan Congres Pemuda-pemuda Indonesia

K ERAPATAN pemoeda-pemoeda Indonesia diadakan oleh perkoempoelan-perkoempoelan pemoeda Indonesia jang berdasarkan kebangsaan dengan namanja : Jong Java, Jong Soematera (pemoeda Soematera), Pemoeda Indonesia, Sekar Roekoen, Jong Islamieten Bond, Jong Bataksbond, Jong Celebes, Pemoeda Kaoem Betawi dan perhimpoenan. Memboeka rapat tanggal 27 dan 28 October tahun 1928 dinegeri Djakarta ; Kerapatan laloe mengambil poeteoesan :  PERTAMA : KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH INDONESIA. KEDOEA : KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERBANGSA JG SATOE, BANGSA INDONESIA. KETIGA : KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENDJUNGDJUNG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA. Setelah mendengar poetoesan ini, kerapatan mengeloearkan kejakinan azas ini wadjib dipakai oleh segala perkoempoelan-perkoempoelan kebangsaan Indonesia. Mengeloerkan kejakinan persatoean Indonesia diperkoeat dengan memperhatikan dasar persatuannja : Kemaoean, sedjarah, bahasa hoekoem adat...

Kemerdekaan, Hadiah dari Siapa?

Oleh ERHAM BUDI W. ANAK  bangsa adalah anak sejarah sekaligus ahli waris kisah. Mewarisi kisah berarti juga mewarisi semangat. Dengan semangat itulah, kisah selanjutnya akan ditorehkan oleh para penerus. Berkaitan dengan ulang tahun kemerdekaan yang lusa kita peringati bersama, pertanyaan kritis yang kerap muncul adalah benarkah kemerdekaan yang kita peroleh merupakan buah perjuangan? Ataukah hadiah belaka? Kemerdekaan memang bisa dimaknai sebagai hadiah, tapi tentu bukan pemberian cuma-cuma. Hadiah dari Jepang? Kemerdekaan Indonesia dianggap sebagai hadiah dari Pemerintah Jepang. Asumsi tersebut sebenarnya cukup beralasan. Gagasan menghadiahkan kemerdekaan kepada Indonesia muncul pada 7 September 1944 melalui pernyataan PM Koiso Kuniaki yang menggantikan Hideo Tojo. Sejak saat itulah, Sang Saka Merah Putih boleh dikibarkan. Bahkan, Laksamana Muda Maeda Tadashi mendirikan Asrama Indonesia Merdeka di Jakarta serta membantu biaya perjalanan Sokarno dan Hatta ke beberapa...