Langsung ke konten utama

Partai-partai Politik Masa Pergerakan (1) Dari 'Dunia Tunggal' ke Neologisme

Oleh Agus Sopian

SEBENTAR lagi kita memperingati HUT ke-51 Hari Kemerdekaan Indonesia. Mungkin, ada baiknya kali ini kita menelusuri koridor sejarah yang terdekat dengan masa kemerdekaan itu: (yakni) masa pergerakan, suatu masa yang penuh dengan pergolakan politik, suatu masa yang memperkenalkan bangsa ini kepada medium perjuangan, kepada partai-partai politik. Berbekal sumber utama, Sejarah Nasional Indonesia terbitan Depdikbud (1975) dan sejumlah referensi lain, Agus Sopian, wartawan Bandung Pos yang sehari-harinya banyak meliput masalah politik dan keamanan, mengajak Anda, pembaca, untuk bersama-sama menyimak kiprah partai-partai politik saat itu--terutama sekali Indische Partij, Indische Sociaal-Democratische Partij, dan Partai Nasional Indonesia--yang (kebetulan) acap menimbulkan kontroversi historis hingga hari ini.

Redaksi

Van Dedem, seorang anggota parlemen, berpidato pada 1891. Dia menganjurkan Hindia Belanda agar segera direhabilitasi dari pelbagai macam kebangkrutan akibat politik liberal. Brooschooft, Van Deventer dan Van Kol, segera mendukungnya. Tapi, di sudut lain, tak sedikit pula yang menentangnya.

Selama hampir sepuluh tahun, masyarakat Belanda berdebat mengenai gagasan Van Dedem tadi. Syukurnya, pada 1901, Ratu Wilhelmina angkat bicara--dalam apa yang dikenal dengan Pidato Tahta. Lalu, Politik Etis pun dicanangkan, dengan bidang garapan tiga proyek strategis: irigasi, emigrasi, dan edukasi.

Barangkali benar, bahwa buat bangsa Indonesia, beleid tersebut tidak serta-merta dapat mengembalikan tawa, sukacita, kultur agung, dan harga diri yang telah direnggut begitu saja oleh penjajah sejak ratusan tahun silam, sejak VOC membangun bentengnya di Batavia. Alih-alih tak serta merta membayar nestapa bangsa terjajah, Politik Etis nyatanya bukanlah suatu sistem yang penuh dengan basa-basi. Simak saja perjalanan diakhronisnya.

Sejak digelindingkan hingga akhir Perang Dunia I, Politik Etis disebut-sebut banyak sejarawan telah membawa sapuan besar pada perubahan nasib negara jajahan. Bidang ekonomi, sosial, hukum, dan politik konon mulai mendapat sentuhan kemajuan yang tak bisa dilihat dengan mata terpicing sebelah. Zaman yang ditandai Ethiek, Economie en Orde--itulah predikat yang diterakan Mayer Ranneft kepada era Politik Etis.

Namun, yang paling menonjol tentunya kemajuan di sektor pendidikan. Ini terlihat pada pemunculan sejumlah orang pribumi yang mulai dapat membaca dan menulis latin, sesuai dengan standar kolonial. Hilmar Farid Setiadi (1991) mencatat laporan Volkstelling 1930. Dia memaparkan, sekitar 3,9 persen dari seluruh penduduk Hindia, pada 1920, berhasil membebaskan diri dari cengkeraman buta huruf. Sepuluh tahun kemudian angka ini meningkat menjadi 6,4 persen. Dari jumlah seluruh orang yang dapat membaca, jumlah terbanyak ditemukan di Manado (21,9 persen), disusul Maluku (14,5 persen) dan Sumatera (10,7 persen). Sementara di Jawa dan Madura, hanya 5,5 persen yang dapat membaca.

Berapa pun persentasenya, pendidikan gaya Barat itu lambat-laun menciptakan pelangi yang mempesonakan. Masyarakat, tidak lagi berada pada 'dunia tunggal'. Kemajemukan mulai terlihat. Keanekaragaman visi, suasana batin, cita-cita dan harapan, sepertinya tak dapat lagi ditahan-tahan.

Perlahan-lahan, kata Nirwan Dewanto (1991), monopoli kosmologis pun dipatahkan. Massifikasi surat kabar, tuturnya kemudian, mempertebal keadaan tadi. "Para pembaca tidak lagi mendengar monofoni sabda pendita ratu tetapi polifoni: berita-berita, tajuk rencana, karikatur, pojok, kolom, advertensi. Polifoni mendesak monofoni.

"Surat kabar memberitakan dunia, selalu berganti, bersirkulasi, bisa didapat di kios-kios. Dunia bergerak, mereka bergerak, mereka berjarak dengan dunia, mengubah dunia. Dan, lahirlah neologisme yang membanggakan, pergerakan. Terlibat dalam pergerakan, berarti sadar. Bagi mereka yang lahir pada 1885-1915, kehormatan tertinggi adalah menjadi orang pergerakan."

Boleh jadi, itulah yang dapat dijadikan salah satu asumsi sementara kenapa partai-partai politik di awal abad ke-20 tiba-tiba mewabah--setelah organisasi sosial kemasyarakatan semacam Boedi Oetomo (BO) dan Sarekat Islam (SI) berdiri. Lewat partai politik, sebagian bangsa kita, mencoba mengaktualisasikan dirinya setelah BO dan SI dinilai lamban dalam melakukan bargaining position untuk suatu perubahan.

Bicara partai politik di masa pergerakan, mau tak mau, ingatan historis kita akan tertuju pada Indische Partij (IP), yang berdiri pada 6 September 1912. Sang penggagas, EFE Douwes Dekker--yang kelak dikenal juga dengan nama Danudirdja Setyabudhi--mungkin tidak sedang cari popularitas ketika memproklamirkan pendirian partai tersebut.

Para pakar sejarah yang jeli seolah bisa meraba alam batin dan atmosfir intelektualitas seorang Dekker, yang katanya, betapa prihatinnya Dekker dengan keadaan sekelilingnya, yang carut-marut, yang centrang-prenang--hasil akhir yang sempurna dari 'kebijakan nasional' kala itu, yang berhulu-hilir pada pola anut diskriminatif.

Pandangan dan pengalaman politik Douwes Dekker kian luas dan lebar. Melalui karangan-karangannya dalam Het Tijdschrift dan De Express, Dekker terus melancarkan propagandanya--yang antara lain meliputi pelaksanaan program politik yang sehat dan menyadarkan golongan Indo serta kaum pribumi, bahwa masa depan mereka terancam oleh bahaya yang sama: (yakni) eksploitasi kolonial.

Di sela-sela perjalanan propagandanya di Pulau Jawa, pada 3 Oktober 1912, Dekker bertemu dengan Tjipto Mangunkusumo. Dalam wacana pergerakan nasional, Tjipto dikenal sebagai penganut unsur-unsur radikal dan politis, sejak masih bercokol di BO. Nirwan Dewanto--penyair muda pengkritik grand narratives--sempat menuturkan bagaimana garangnya Tjipto ketika berpolemik dengan Radjiman Wediodiningrat pada Kongres Jong Java pada 5 Oktober 1908. 

Radjiman, kala itu, dengan berbahasa Jawa, menyarankan langkah bertahap dalam mencapai kemajuan dengan mengikuti jenjang penguasa. Sedangkan Tjipto, dengan berbahasa Melayu, mengusulkan pendobrakan masyarakat kolonial dan tradisional. Bagi Tjipto, Jawa sudah hilang kedaulatan, dan sebagai entitas baru adalah Indonesia yang perlu memanfaatkan pengetahuan Barat dan unsur-unsur budaya lain untuk memperbaiki tingkat kehidupannya. Namun, sebelum masalah-masalah kebudayaan dapat dipecahkan, pelbagai kesukaran dan hambatan harus dipecahkan lebih dahulu melalui aksi politik.

Perjumpaan Tjipto dan Dekker segera melahirkan badai pendapat baru, yang memperbesar tekad mereka untuk berpolitik di tengah-tengah cengkeraman kolonial.

Tekad semakin menebal setelah mereka bertemu Suwardi Suryaningrat dan Abdul Muis, di Bandung. Dua yang disebut terakhir ini, sebelumnya juga dikenal sebagai 'orang pergerakan' yang memimpin cabang Sarekat Islam Bandung, yang juga dikenal sebagai bagian dari kaum garis keras.

Propaganda IP yang berlangsung di mana-mana, kontan mendapat dukungan pelbagal pihak. Di Yogya, IP mendapat sambutan dari pengurus BO. Redaktur-redaktur surat kabar Jawa Tengah di Semarang dan Tjahaja Timoer di Malang, juga menyokong berdirinya IP.

Bahwa IP mendapat sambutan luas, itu barangkali pula terlihat dari pendirian 30 cabang, dengan anggota sekitar 7300 orang. Menyaksikan fenomena ini, seorang sahabat Douwes Dekker sempat berkomentar bahwa aksi Dekker "bagaikan sebuah tornado yang meninggalkan emosi-emosi yang meluap di kota-kota, yang tidak pernah terjadi sebelumnya".

Perjalanan yang mendapat sambutan di sana-sini, bunyi propaganda yang 'makin keterlaluan dan kurang ajar' itu, pada gilirannya telah memposisikan IP sebagai organisasi yang dicurigai. Pemerintah Hindia Belanda, dengan pelbagai jala hukum yang dimilikinya, berusaha memadamkan pengaruh dan pamor IP.

Itu barangkali sebabnya, ketika IP mengajukan permohonan sebagai organisasi berbadan hukum pada 4 Maret 1913, pemerintah Hindia Belanda menolaknya. Alasannya, IP, organisasi politik itu, dapat merusak keamanan umum.

Maka, IP pun tetap menjadi partai terlarang, sekalipun pimpinannya sempat beraudiensi dengan Gubernur Jenderal sekaligus mengubah anggaran dasarnya, terutama pasal 2.

Rentetan penolakan itu tentu saja memberikan kesan kuat pada jajaran IP bahwa kemerdekaan itu tidak dapat diterima sebagai hadiah dari pemerintah kolonial. Kemerdekaan itu haruslah direbut--yang menurut Douwes Dekker, "pengertian pemerintah Hindia haruslah dipandang sebagai salah satu daripada partai yang bertentangan dengan cita-cita kemerdekaan. Pemerintah yang berkuasa di suatu tanah jajahan, bukanlah pemimpin namanya, melainkan penindas. Dan, penindas itu adalah musuh yang sebesar-sebesarnya bagi kesejahteraan rakyat, lebih berbahaya daripada pemberontakan yang meminta perubahan pemerintahan (revolusi)."

Sikapnya yang antikolonial, membawa IP ke pembentukan "Komite Bumiputra" yang terkenal itu. Komite ini sempat hendak mengirimkan telegram kepada Ratu Belanda. Intinya, meminta pencabutan pasal ketiga Reglement op het beleid der Regeering, dibentuknya majelis perwakilan rakyat yang sejati dan ketegasan adanya kebebasan berpendapat di daerah jajahan. Kecuali itu, salah seorang pemimpin komite tadi, Suwardi Suryaningrat, menulis sebuah risalah pedas: Als ik eens Nederlander was, suatu sindiran tajam atas ketidakadilan di daerah jajahan.

Buntutnya tidak enak: kegiatan komite ini dipandang berbahaya. Maka, pada Agustus 1913, Douwes Dekker, Tjipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat dijatuhi hukuman buangan. Mereka, memilih negeri Belanda.

Kepergian ketiga pemimpin ini, membawa pengaruh besar pada kegiatan IP, hingga akhirnya menyulap diri menjadi Partai Insulinde. Namun, karena pengaruh SI kembali menguat, Partai Insulinde menjadi semakin lemah. Keadaan tidak tertolong lagi, meski Douwes Dekker--yang baru kembali dari Belanda--mengubah Partai Insulinde menjadi Nationaal Indische Partij.

(bersambung)



Sumber: Bandung Pos, 14 Agustus 1996



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harun Nasution: Ajarah Syiah Tidak Akan Berkembang di Indonesia

JAKARTA (Suara Karya): Ajarah Syiah yang kini berkembang di Iran tidak akan berkembang di Indonesia karena adanya perbedaan mendasar dalam aqidah dengan ajaran Sunni. Hal itu dikatakan oleh Prof Dr Harun Nasution, Dekan pasca Sarjana IAIN Jakarta kepada Suara Karya  pekan lalu. Menurut Harun, ajaran Syiah Duabelas di dalam rukun Islamnya selain mengakui syahadat, shalat, puasa, haji, dan zakat juga menambahkan imamah . Imamah artinya keimanan sebagai suatu jabatan yang mempunyai sifat Ilahi, sehingga Imam dianggap bebas dari perbuatan salah. Dengan kata lain Imam adalah Ma'sum . Sedangkan dalam ajaran Sunni, yang dianut oleh sebagian besar umat Islam Indonesia berkeyakinan bahwa hanya Nabi Muhammad saja yang Ma'sum. Imam hanyalah orang biasa yang dapat berbuat salah. Oleh karena Imam bebas dari perbuatan salah itulah maka Imam Khomeini di Iran mempunyai karisma sehingga dapat menguasai umat Syiah di Iran. Apapun yang diperintahkan oleh Imam Khomeini selalu diturut oleh umatnya....

Cheng Ho dan Tiga Teori Jangkar Raksasa

S EBAGAIMANA catatan sejarah, pelayaran Laksamana Cheng Ho menyimpan berjuta kisah sejarah yang sangat menarik di nusantara. Tidak saja karena kebetulan petinggi kekaisaran Mongol yang menguasai daratan Tiongkok dari abad ke-13 sampai ke-17 itu beragama Islam, tetapi ekspedisi laut pada abad ke-15 Masehi itu membawa pengaruh politik dan budaya sangat besar. Jejak sejarah tinggalan ekspedisi Cheng Ho yang merupakan duta intenasional Kaisar Yongle, generasi ketiga keturunan Kaisar Ming dari Mongol yang menguasai daratan Tiongkok, tersebar di sepanjang Pulau Jawa bagian utara. Hinggi kini, jejak-jejak arkeologis, historis, sosiologis, dan kultur dari ekspedisi laut laksamana yang memiliki nama Islam Haji Mahmud Shams ini, bertebaran di sepanjang pantai utara (pantura) Jawa. Di Cirebon armada kapalnya sempat singgah dan menetap sebelum melanjutkan perjalanan ke arah timur dan mendarat di pelabuhan yang kini masuk wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah. Laksamana Cheng Ho datang pada masa akhir...

Dr. Danudirjo Setiabudi

Dr. Danudirdjo Setiabudi  adalah nama Indonesia dari Dr. Ernest F. E. Douwes Dekker. Beberapa waktu yang lalu, pemerintah memberikan gelar kepada Danudirjo sebagai Perintis Perkembangan Pers Indonesia, bersama beberapa orang yang lain yang berjasa. Kalau pemerintah menganggap Danudirjo sebagai perintis perkembangan pers Indonesia, maka sebenarnya jasa beliau lebih besar dari itu. Beliau adalah pendekar perjuangan kemerdekaan Indonesia. Bersama Suwardi Suryaningrat (K. H. Dewantara) dan Dr. Cipto Mangunkusumo, mereka disebut Tiga Serangkai, karena mereka bertiga bersama-sama memperjuangkan kemerdekaan bangsa lewat wadah Indische Partij. Danudirjo Setiabudi lahir pada tahun 1879 di sebuah kota kecil di Jawa Timur yakni Pasuruan. Setelah berhasil menamatkan sekolah menengahnya dan sekolah lanjutannya di Indonesia, Danurdirjo pergi ke Eropa dan melanjutkan pelajarannya, kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Zurich (Swiss). Sejak bocah, Danudirjo telah memiliki jiwa kemerdekaan yang...

Penyerbuan Lapangan Andir di Bandung

Sebetulnya dengan mengumandangkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, orang asing yang pernah menjajah harus sudah angkat kaki. Tetapi kenyataannya tidak demikian. Masih ada saja bangsa asing yang ingin tetap menjajah. Jepang main ulur waktu, Belanda ngotot tetap mau berkuasa. Tentu saja rakyat Indonesia yang sudah meneriakkan semangat "sekali merdeka tetap merdeka" mengadakan perlawanan hebat. Di mana-mana terjadi pertempuran hebat antara rakyat Indonesia dengan penjajah. Salah satu pertempuran sengit dari berbagai pertempuran yang meletus di mana-mana adalah di Bandung. Bandung lautan api merupakan peristiwa bersejarah yang tidak akan terlupakan.  Pada saat sengitnya rakyat Indonesia menentang penjajah, Lapangan Andir di Bandung mempunyai kisah tersendiri. Di lapangan terbang ini juga terjadi pertempuran antara rakyat Kota Kembang dan sekitarnya melawan penjajah, khususnya yang terjadi pada tanggal 10 Oktober 1945. Lapangan terbang Andir merupakan sala...

Arek-arek Soerobojo Hadang Sekutu

Mengungkap pertempuran bersejarah 10 Nopember 1945 sebagai mata rantai sejarah kemerdekaan Indonesia, pada hakekatnya peristiwa itu tidaklah berdiri sendiri. Ia merupakan titik klimaks dari rentetan insiden, peristiwa dan proses sejarah kebangkitan rakyat Jawa Timur untuk tetap melawan penjajah yang ingin mencoba mencengkeramkan kembali kukunya di wilayah Indonesia merdeka. Pertempuran 10 Nopember 1945--tidak saja merupakan sikap spontan rakyat Indonesia, khususnya Jawa Timur tetapi juga merupakan sikap tak mengenal menyerah untuk mempertahankan Ibu Pertiwi dari nafsu kolonialis, betapapun mereka memiliki kekuatan militer yang jauh lebih sempurna. Rentetan sejarah yang sudah mulai membakar suasana, sejak Proklamasi dikumandangkan oleh Proklamator Indonesia: Soekarno dan Hatta tgl 17 Agustus 1945. Rakyat Jawa Timur yang militan berusaha membangun daerahnya di bawah Gubernur I-nya: RMTA Soeryo. Pemboman Kota Hiroshima dan Nagasaki menjadikan bala tentara Jepang harus bertekuk lutut pada ...

Misteri Jangkar Raksasa Laksamana Cheng Ho: Kabut Sejarah di Perairan Cirebon

TINGGINYA menjulang sekitar 4,5 sampai 5 meter. Bentuknya sebagaimana jangkar sebuah kapal, terbuat dari besi baja yang padat dan kokoh. Bagian tengahnya lurus serta di bawahnya berupa busur dengan kedua ujung yang lancip. J ANGKAR kapal berukuran besar itu sampai kini diletakkan di ruangan sebelah utara dari balairung utama Vihara Dewi Welas Asih. Dengan berat yang mencapai lebih dari tiga ton, benda bersejarah itu disimpan dalam posisi berdiri dan disandarkan di tembok pembatas serambi utara dengan balairung utama yang menjadi pusat pemujaan terhadap Dewi Kwan Im, dewi kasih sayang.  Tempat peribadatan warga keturunan Tionghoa pemeluk agama Buddha ini terletak di areal kota tua di pesisir utara Kota Cirebon. Bangunan yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya sejak 2011 ini didirikan pada awal pertengahan abad ke-16, tepatnya tahun 1559 Masehi. Letaknya berada di pesisir pantai, persis bersebelahan dengan Pelabuhan Kota Cirebon. Kelenteng ini berada di antara gedung-gedung tua m...

Hari Pahlawan: MENGENANG 10 NOPEMBER 1945

Majalah Inggeris "Army Quarterly" yang terbit pada tanggal 30 Januari 1948 telah memuat tulisan seorang Mayor Inggeris bernama R. B. Houston dari kesatuan "10 th Gurkha Raffles", yang ikut serta dalam pertempuran di Indonesia sekitar tahun 1945/1946. Selain tentang bentrokan senjata antara kita dengan pihak Tentara Inggeris, Jepang dan Belanda di sekitar kota Jakarta, di Semarang, Ambarawa, Magelang dan lain-lain lagi. Maka Mayor R. B. Houston menulis juga tentang pertempuran-pertempuran yang telah berlangsung di Surabaya. Perlu kita ingatkan kembali, maka perlu dikemukakan di sini, bahwa telah terjadi dua kali pertempuran antara Tentara Inggeris dan Rakyat Surabaya. Yang pertama selama 3 malam dan dua hari, yaitu kurang lebih 60 jam lamanya dimulai pada tanggal 28 Oktober 1945 sore, dan dihentikan pada tanggal 30 Oktober 1945 jauh di tengah malam. Dan yang kedua dimulai pada tanggal 10 Nopember 1945 pagi sampai permulaan bulan Desember 1945, jadi lebih dari 21 har...