Langsung ke konten utama

Bandung Diduduki Tentara Nippon 10 Maret 1942

Oleh H. ROSIHAN ANWAR

SAYA tengah membaca buku: Oorlogs-Reportages uit Nederland en Nederlands Indie - De Twede Wereldoorlog in ooggetuigen verslag, disusun oleh wartawan Addie Schulte, ketika kesomplok dengan tulisan wartawan Belanda Jan Bouwer mengenai pendudukan Bandung oleh tentara dai Nippon 10 Maret 1942.

Pukul enam malam hari tersebut pasukan pertama Jepang memasuki Kota Bandung. Panglima setempat Letjen Harada telah berbicara kepada para warga Bandung. Ia mengharapkan tiap orang akan mematuhi perintah tentara Dai Nippon. Kedatangan pasukan Jepang telah diumumkan melalui radio oleh juru bicara "Tentara ke-16". Bagian propagandanya telah mengambil alih studio "Nirom".

Pagi itu orang-orang Jepang telah mengambil mobil Bouwer. Dia pergi sebentar ke kota buat mengurus beberapa hal, tapi depan Preanger Hotel dia ditahan oleh seorang serdadu Jepang. Seraya menempelkan secarik kertas berhuruf Kanji di kaca muka mobil, serdadu Jepang lain membuka pintu kiri mobil dan mengisyaratkan agar Bouwer ke luar dan menyerahkan kunci mobil. Tak ada jalan selain turut perintah. Salah satu dari orang-orang Jepang itu bisa bicara bahasa Indonesia dengan baik. Bouwer mengenalinya sebagai pembantu sebuah foto studio di Batavia di tempat dia mencuci dan mencetak rol filmnya. Dia juga mengenali Bouwer dan tersenyum. Waktu Bouwer dalam bahasa Indonesia memintanya supaya bisa mengambil barang-barang pribadinya dari mobil, Jepang itu kembali ke sikap orang yang menang perang. Dia marah sekali dan berteriak "pergi". Dengan demikian Bouwer kehilangan mesin ketiknya, peta jalan Jawa, dan sebuah koper berisi pakaian istrinya Ivy.

Empat serdadu Jepang meloncat segera ke dalam mobil Bouwer dan sambil berteriak keras pergi, sedangkan Bouwer jalan kaki. Ketika melewati Savoy-Homann Hotel, Bouwer melihat mobilnya untuk penghabisan kali. Serdadu Jepang sedang mengisinya penuh dengan perlengkapan militer, seraya temannya mengutak-atik mesin mobil yang rupanya mogok.

Kembali banyak orang Indonesia di jalanan, lebih banyak daripada kemarin. Bouwer lewat gedung Nederland-Indische Handelsbank. Depan pintu masuk ditaruh meja dengan taplak hijau. Tiga orang Jepang duduk di belakangnya. Di depannya berdiri seorang skeleowak. Di atas meja satu botol whisky dan beberapa pak rokok. Di pintu masuk tergantung kertas bertuliskan "Dibeslah Sama Balatentara Dai Nippon".

Nerdelands Handelsmaatschappij juga ditutup dan dibeslah. Begitu juga kantor pos besar dan gedung Nillmij. Di sini berkantor barisan propaganda tentara Jepang. Di mana-mana tampak tempelan-tempelan dengan gambar uang kertas Jepang yang pagi itu telah mulai beredar. Uang kertas dengan denominasi lo, 5 dan 1 gulden dan 50, 10, 5 dan 1 sen. Surat kabar "Algemeen Indisch Dagblad" masih terbit, tapi isinya hanya berbagai pengumuman yang dikeluarkan beberapa hari belakangan.

Orang bilang Jepang bertindak keras terhadap para perampok. Banyak dari maling itu ditembak mati. Di pihak lain terdapat berita-berita pasti bahwa juga militer Jepang secara besar-besaran ikut di dalam perampokan.

Makanan sulit diperoleh. Para penjual tidak lagi datang ke rumah-rumah. Pedagang-pedagang di jalan tidak lagi berani menjual barang mereka kepada orang-orang Eropa. Dengan harga sangat tinggi Bouwer berhasil mendapatkan pisang dan buah apel. Tak ada roti, daging, sayur, telur. Tidak ada apa-apa pun. "Tapi paling tidak kita sudah tahu bahwa pendudukan Bandung oleh tentara Nippon merupakan fakta," kata Bouwer.

Sebulan setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, Jan Bouwer yang selama masa pendudukan Jepang tetap "bersembunyi di bawah tanah" menulis tentang "Desas-desus di Bandung". Di kalangan orang-orang Eropa di Bandung sekonyong-konyong beredar desas-desus bahwa Jepang di bawah ancaman Amerika telah melepaskan Jawa dan tinggal menunggu kedatangan pasukan pembebasan sekutu. 90 persen orang-orang percaya cerita ini. Cerita makin lama makin edan. Hindia Belanda akan ditukar dengan Nieuw Guinea (Irian Barat). Hanya Kenpeitai dan pejabat-pejabat sipil Jepang yang akan tinggal untuk menjaga keamanan dan ketertiban dan penyerahan formal daerah itu. Tentara Jepang akan mengundurkan diri.

Armada pembebasan sudah dalam perjalanan. Timor telah dibebaskan. Sebuah pesawat terbang berisi para perunding Amerika telah tiba di Surabaya. Orang telah melihat gubernur jenderal ada di Bandung. Sulit sekali untuk tetap tinggal tenang dan tidak ketularan oleh demam desas-desus.

Mesti ada sebab yang bisa ditunjuk buat semua itu, sekalipun hanya bahwa orang-orang Jepang sendiri yang mengedarkan cerita sas-sus untuk menimbulkan patah semangat yang lebih besar, bila nanti ternyata semua itu tidak benar. Dengan kata lain, perang urat syaraf untuk mematahkan moril orang-orang Eropa, Indo, Indonesia dan Tionghoa yang yakin akan kemenangan Sekutu. Tiap orang yang mengikuti berita-berita tentang perlawanan hebat Jepang di Guadalcanal dan di Australian Nieuw Guinea seharusnya tahu bahwa bukanlah sifat orang Jepang untuk menyerah begitu saja. "Karena itu pula cerita ini sama sekali adalah gila," demikian kata Jan Bouwer.

Kalau tidak kebetulan membaca buku tentang reportase-reportase perang tadi, mana saya tahu bagaimana suasana Kota Bandung ketika tentara Jepang memasukinya bulan Maret 1942, dan cerita edan sas-sus yang beredar sebulan setelah proklamasi kemerdekaan. ***


Penulis, wartawan senior.


Sumber: Pikiran Rakyat, 9 Oktober 2006


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harun Nasution: Ajarah Syiah Tidak Akan Berkembang di Indonesia

JAKARTA (Suara Karya): Ajarah Syiah yang kini berkembang di Iran tidak akan berkembang di Indonesia karena adanya perbedaan mendasar dalam aqidah dengan ajaran Sunni. Hal itu dikatakan oleh Prof Dr Harun Nasution, Dekan pasca Sarjana IAIN Jakarta kepada Suara Karya  pekan lalu. Menurut Harun, ajaran Syiah Duabelas di dalam rukun Islamnya selain mengakui syahadat, shalat, puasa, haji, dan zakat juga menambahkan imamah . Imamah artinya keimanan sebagai suatu jabatan yang mempunyai sifat Ilahi, sehingga Imam dianggap bebas dari perbuatan salah. Dengan kata lain Imam adalah Ma'sum . Sedangkan dalam ajaran Sunni, yang dianut oleh sebagian besar umat Islam Indonesia berkeyakinan bahwa hanya Nabi Muhammad saja yang Ma'sum. Imam hanyalah orang biasa yang dapat berbuat salah. Oleh karena Imam bebas dari perbuatan salah itulah maka Imam Khomeini di Iran mempunyai karisma sehingga dapat menguasai umat Syiah di Iran. Apapun yang diperintahkan oleh Imam Khomeini selalu diturut oleh umatnya....

Dr. Danudirjo Setiabudi

Dr. Danudirdjo Setiabudi  adalah nama Indonesia dari Dr. Ernest F. E. Douwes Dekker. Beberapa waktu yang lalu, pemerintah memberikan gelar kepada Danudirjo sebagai Perintis Perkembangan Pers Indonesia, bersama beberapa orang yang lain yang berjasa. Kalau pemerintah menganggap Danudirjo sebagai perintis perkembangan pers Indonesia, maka sebenarnya jasa beliau lebih besar dari itu. Beliau adalah pendekar perjuangan kemerdekaan Indonesia. Bersama Suwardi Suryaningrat (K. H. Dewantara) dan Dr. Cipto Mangunkusumo, mereka disebut Tiga Serangkai, karena mereka bertiga bersama-sama memperjuangkan kemerdekaan bangsa lewat wadah Indische Partij. Danudirjo Setiabudi lahir pada tahun 1879 di sebuah kota kecil di Jawa Timur yakni Pasuruan. Setelah berhasil menamatkan sekolah menengahnya dan sekolah lanjutannya di Indonesia, Danurdirjo pergi ke Eropa dan melanjutkan pelajarannya, kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Zurich (Swiss). Sejak bocah, Danudirjo telah memiliki jiwa kemerdekaan yang...

Cheng Ho dan Tiga Teori Jangkar Raksasa

S EBAGAIMANA catatan sejarah, pelayaran Laksamana Cheng Ho menyimpan berjuta kisah sejarah yang sangat menarik di nusantara. Tidak saja karena kebetulan petinggi kekaisaran Mongol yang menguasai daratan Tiongkok dari abad ke-13 sampai ke-17 itu beragama Islam, tetapi ekspedisi laut pada abad ke-15 Masehi itu membawa pengaruh politik dan budaya sangat besar. Jejak sejarah tinggalan ekspedisi Cheng Ho yang merupakan duta intenasional Kaisar Yongle, generasi ketiga keturunan Kaisar Ming dari Mongol yang menguasai daratan Tiongkok, tersebar di sepanjang Pulau Jawa bagian utara. Hinggi kini, jejak-jejak arkeologis, historis, sosiologis, dan kultur dari ekspedisi laut laksamana yang memiliki nama Islam Haji Mahmud Shams ini, bertebaran di sepanjang pantai utara (pantura) Jawa. Di Cirebon armada kapalnya sempat singgah dan menetap sebelum melanjutkan perjalanan ke arah timur dan mendarat di pelabuhan yang kini masuk wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah. Laksamana Cheng Ho datang pada masa akhir...

Manunggaling Ilmu dan Laku

Alkisah ada seorang bocah pribumi yang telaten dan fasih membaca buku-buku tentang kesusastraan dan keagamaan, baik dalam bahasa Jawa, Melayu, Belanda, Jerman, maupun Latin. Bocah ini sanggup melafalkan dengan apik puisi-puisi Virgilius dalam bahasa Latin. Oleh  BANDUNG MAWARDI K etelatenan belajar mengantarkan bocah ini menjadi sosok yang fenomenal dalam tradisi intelektual di Indonesia dan Eropa. Bocah dari Jawa itu dikenal dengan nama Sosrokartono. Herry A Poeze (1986) mencatat, Sosrokartono pada puncak intelektualitasnya di Eropa menguasai sembilan bahasa Timur dan 17 bahasa Barat. Kompetensi intelektualitasnya itu dibarengi dengan publikasi tulisan dan pergaulan yang luas dengan tokoh-tokoh kunci dalam lingkungan intelektual di Belanda. Sosrokartono pun mendapat julukan "Pangeran Jawa" sebagai ungkapan untuk sosok intelektual-priayi dari Hindia Belanda. Biografi intelektual pribumi pada saat itu memang tak bebas dari bayang-bayang kolonial. Sosrokartono pun tumbuh dalam ...

Mengenang Peristiwa 40 Tahun Silam: Taruna "Militaire Academie" Berusaha Melucuti Senjata Tentara Jepang

I NDONESIA pernah memiliki akademi militer (akmil) yang berumur sekitar 5 bulan, tapi menghasilkan lulusan "Vaandrig" (Calon Perwira) berusia muda. Selama dalam pendidikan para tarunanya telah mengalami pengalaman heroik dan patriotik. Akmil itu adalah "MA (Militaire Academice) Tangerang". Sabtu pagi ini, para alumni MA Tangerang akan mengadakan apel besar di Taman Makam Pahlawan Taruna, Jl Daan Mogot, Tangerang, Jawa Barat. Selain untuk memperingati berdirinya akmil itu, apel sekaligus untuk memperingati 40 tahun "Peristiwa Pertempuran Lengkong (PPL)". Ketua Umum Dewan Harian Nasional Angkatan 45 Jenderal (Purn) H Surono akan bertindak sebagai inspektur upacara. PPL meletus 25 Januari 1946. Ketika itu taruna MA Tangerang yang menjadi inti pasukan TKR (Tentara Keamanan Rakyat), dalam usahanya melucuti tentara Jepang di Lengkong, Kecamatan Serpong Tangerang, terjebak dalam pertempuran yang tidak seimbang. Direktur MA Tangerang, Mayor Daan Mogot...

Penyerbuan Lapangan Andir di Bandung

Sebetulnya dengan mengumandangkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, orang asing yang pernah menjajah harus sudah angkat kaki. Tetapi kenyataannya tidak demikian. Masih ada saja bangsa asing yang ingin tetap menjajah. Jepang main ulur waktu, Belanda ngotot tetap mau berkuasa. Tentu saja rakyat Indonesia yang sudah meneriakkan semangat "sekali merdeka tetap merdeka" mengadakan perlawanan hebat. Di mana-mana terjadi pertempuran hebat antara rakyat Indonesia dengan penjajah. Salah satu pertempuran sengit dari berbagai pertempuran yang meletus di mana-mana adalah di Bandung. Bandung lautan api merupakan peristiwa bersejarah yang tidak akan terlupakan.  Pada saat sengitnya rakyat Indonesia menentang penjajah, Lapangan Andir di Bandung mempunyai kisah tersendiri. Di lapangan terbang ini juga terjadi pertempuran antara rakyat Kota Kembang dan sekitarnya melawan penjajah, khususnya yang terjadi pada tanggal 10 Oktober 1945. Lapangan terbang Andir merupakan sala...

Sejarah Lupakan Etnik Tionghoa

Informasi peran kelompok etnik Tinghoa di Indonesia sangat minim. Termasuk dalam penulisan sejarah. Cornelius Eko Susanto S EJARAH Indonesia tidak banyak menulis atau mengungkap peran etnik Tionghoa dalam membantu terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Padahal bila diselisik lebih jauh, peran mereka cukup besar dan menjadi bagian integral bangsa Indonesia. "Ini bukti sumbangsih etnik Tionghoa dalam masa revolusi. Peran mereka tidak kalah pentingnya dengan kelompok masyarakat lainnya, dalam proses pembentukan negara Indonesia," sebut Bondan Kanumoyoso, pengajar dari Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Budaya UI dalam seminar bertema Etnik Tionghoa dalam Pergolakan Revolusi Indonesia , yang digagas Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Tiongkok (PPIT) di Depok, akhir pekan lalu. Menurut Bondan, kesadaran berpolitik kalangan Tionghoa di Jawa mulai tumbuh pada awal abad ke-20. Dikatakan, sebelum kedatangan Jepang pada 1942, ada tiga golongan kelompok Tionghoa yang bero...