Langsung ke konten utama

Makam Raja Tallo IX Terbesar di Indonesia

Oleh Mujahidin Agus

PENGANTAR

Artikel ini karya Mujahidin Agus, siswa SMAN II, Jl. Gaji Gau III/17, Ujung Pandang, Sulawesi Selatan, yang menempati urutan terakhir "Sepuluh Besar" peserta "Sayembara Mengarang Suara Karya untuk SMTA 1987".

Belum berhasil meraih hadiah Tabanas dan mesin tik, untuk pemuatan tulisannya ini Mujahidin akan mendapat honor sebagaimana yang berlaku di Suara Karya.

Red.

Menyusuri pinggiran kota Ujung Pandang di Kecamatan Tallo, melewati jalan yang tidak terlalu ramai, kita akan sampai ke kompleks makam kuno raja-raja Tallo, tepatnya di RK VI Lingkungan Tallo. Kompleks ini terletak di sebelah timur muara sungai Tallo di selat Makassar, 7 km dari pusat kota Ujung Pandang. Dari tepi jalan raya kompleks ini tidak nampak sebab terlindung oleh rumah penduduk. Memasuki pintu gerbang, kita takkan mengira bahwa di belakang rumah-rumah penduduk itu terdapat makam raja-raja Tallo yang sangat bersejarah.

Luas kompleks yang hanya sekitar 9.225 m2 ini sangat terpelihara kebersihan dan keindahannya walaupun hanya berpagar kawat. Tidak ada sampah, tidak ada coretan-coretan tangan dan juga tidak ada makam yang rusak oleh tangan-tangan jahil. Pohon-pohon yang rindang, bunga-bunga di taman menambah sejuk di sekitar kompleks, menambah tenang di hati.

Menurut hasil penggalian dan penyelidikan oleh Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Sulawesi Selatan, bahwa dahulunya kompleks makam dikelilingi oleh benteng Tallo yang besar. Sekarang benteng itu sudah tidak ada sebab telah dihancurkan oleh Belanda akibat perjanjian Bungaya tahun 1667. Juga dalam penggalian itu ditemukan benda-benda kuno, antara lain keramik asing, keramik lokal, dan tulang-tulang binatang. 

Kerajaan Tallo adalah kerajaan yang pada mulanya berdiri sendiri, kemudian dijadikan kembar dengan kerajaan Gowa. Kedua kerajaan ini bergabung untuk menghimpun kekuatan dalam menghadapi penjajahan Belanda. Antara kerajaan Tallo dan kerajaan Gowa saling bekerja sama, contohnya yaitu Raja Tallo I Malingkaan Daeng Manyonri yang sekaligus menjadi Mangkubumi kerajaan Gowa. Raja Tallo ini juga dikenal dengan nama gelar Sultan Awalul Islam. Raja Gowa I Mangarangi Daeng Manrabia yang lebih dikenal dengan gelar Sultan Alauddin adalah pejabat kerajaan Gowa yang pertama memeluk agama Islam, tanggal 22 September 1605. Sedangkan raja yang pertama memeluk agama Islam di Sulawesi Selatan ialah Pajung (Raja) Luwu XV La Pattiware Daeng Parebbung yang masuk agama Islam tahun 1603. Raja Luwu XVI pada tahun 1604 membangun mesjid di Palopo (tertua di Sulawesi Selatan).

Seperti halnya makam raja-raja Tallo, maka makam raja-raja Gowa pun terhimpun dalam satu kompleks. Pada kompleks makam seperti ini hanya dimakamkan raja-raja dan keturunannya. Di seluruh Indonesia, tentu banyak kita jumpai kompleks makam seperti ini.

Kompleks makam raja-raja Tallo berisi 66 buah makam besar dan kecil, satu di antaranya yang sangat menonjol, sebab makam inilah makam yang terbesar dan tertinggi dibandingkan dengan makam lainnya di kompleks itu.

Makam-makam di kompleks ini sebelum dipugar dibentuk dari batu-batu sedimen (batu endapan) yang disusun rapi, sebagaimana bangunan-bangunan pada jaman lampau yang tidak mempergunakan semen sebagai bahan perekat. Pembuatan makam-makam ini memakai teknik konstruksi susun timbun dengan cara mengaitkan batu-batu penyusun makam secara satu per satu, hingga tersusunlah bangunan yang kokoh, yang dapat bertahan berabad-abad lamanya. Meskipun kebanyakan batu-batunya telah diganti dengan batu serupa, tetapi bentuk makamnya tetap seperti bentuk semula.

Makam yang paling besar dan paling tinggi di kompleks ini berukuran 6x6 meter dengan tinggi 6 meter. Makam ini terbagi atas 3 bagian, sama halnya dengan candi, terdiri dari bagian kaki, bagian badan, bagian atap atau kepala. Pada bagian atap makam dipasang 2 buah batu nisan. Bentuk makam dan nisan di puncak makam yang demikian ini hanya sebagai tanda bahwa makam ini adalah makam-raja-raja atau makam orang yang diagungkan. Sedangkan nisan yang sebenarnya berada di dalam rongga makam yang berpintu segi empat agak sempit. Rongga di dalam makam berbentuk setengah lingkaran memanjang. Nampaknya semua makam yang besar di dalam kompleks ini juga berongga dan nisannya berada di dalamnya. Begitu juga makam Raja Gowa XVI I Mallombassi Daeng Mattawang yang lebih dikenal dengan nama Sultan Hasanuddin dan makam-makam di dekatnya di dalam kompelsk makam raja-raja Gowa.

Di dalam rongga-rongga makam terdapat hiasan-hiasan yang dipahatkan pada batu nisan makam. Hiasan-hiasan ini berupa bunga teratai, sulur geometris, dan kaligrafi tulisan Arab (Laa ilaaha illalloh, dan sebagainya).

Makam yang tertinggi di kompleks ini adalah makam terbesar dan tertinggi di Sulawesi Selatan, bahkan mungkin terbesar di Indonesia. Makam ini adalah makam Raja Tallo IX yaitu Mallakawang Daeng Mattinri Karaeng Kanjilo Tumemanga ri Passiringanna Sultan Abdul Kadir.

Selain itu masih ada 20 orang raja yang dimakamkan di komplek ini, antara lain Raja Tallo VII Mangginyarang Daeng Makkio Kareng Kanjilo Ammalayangari Timoro Sultan Mudaffar (1598-1641), Raja Tallo XII I Makkasumang Daeng Mangurangi Karaeng lampangan Sultan Saifuddin Tumenanga ri Butta Mallabirina (1770-1778), makam Raja Talo VIII dan Raja Tallo XV atau Raja Gowa XXX La Odangriu Daeng Mangeppe Karaeng Tallo, Karaeng Kabullekang Karaeng Katangka Sultan Muhammad Sainal Abidin Abdul Rahman Amiril Mukminin Tumenangan ri Suangga (1783-1845).

Sempat penulis melihat bekas nyala lilin di beberapa batu nisan di salanrongga, juga bekas taburan bunga putih, bunga merah, dan bunga kuning. Rupanya masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar kompleks makam masih memegang adat lama yang menganggap keramat makam-makam di kompleks itu. Dan masyarakat sering datang berziarah. Dan inilah kiranya sebab tetap terjaganya kelestarian dan keindahan kompleks sebab masyarakat takut mengotori atapun mengganggu makam.

Usaha pemerintah untuk tetap melestarikan peninggalan-peninggalan bersejarah ialah dengan mengadakan pemugaran. Pemugaran makam-makam di kompleks ini dilakukan secara bertahap. Tahap I tahun 1977/1978, tahap II tahun 1978/1979, tahap II tahun 1979/1980, dan tahap IV tahun 1981/1982.

Dan selama 4 tahun yaitu tahun 1978 sampai tahun 1982 telah selesai memugar makam-makam yang rusak juga perbaikan lokasi kompleks.

Pemugaran yang dilakukan oleh Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala ini hanya mengganti bagian-bagian yang rusak saja, walaupun ada makam yang seluruhnya dibongkar untuk dibentuk lagi dengan batu yang baik. Sedangkan batu-batu yang masih utuh tetap dipasang kembali. Untuk membedakan batu asli dengan batu yang bukan asli, maka pada batu yang bukan asli diberi tanda dengan memakukan paku khusus yang agak besar.

Selain pemugaran makam, juga dilakukan pembuatan jalan setapak sepanjang 348 meter, jalan mobil VIP sepanjang 116 meter dengan lebar 4 meter, pemagaran lokasi 340 meter, pembuatan taman, penanaman bunga, pembuatan WC dan lain-lain. Selama 4 tahun itu pemugaran dan perbaikan lokasi seluruhnya memakan biaya Rp 47.104.000,-

Tujuan pemugaran selain untuk melestarikan peninggalan bersejarah itu juga selanjutnya akan berfungsi sebagai media pendidikan, obyek pengembangan ilmu pengetahuan dan dapat juga dimanfaatkan sebagai obyek pariwisata. Perbaikan lokasi ini adalah usaha pemerintah untuk menjadikannya lebih menarik agar selalu dikunjungi orang.

Usaha ini tidaklah sia-sia, terbukti dengan banyaknya pengunjung di waktu libur. Ada yang datang sekadar menenangkan pikiran bersama keluarga dan ada juga yang datang jalan-jalan sambil mencatat hal-hal yang penting. Selain itu banyak juga pengunjung yang datang untuk ziarah, terutama sesudah lebaran Idhul Fitri.

Bagi para pengunjung yang ingin mendapatkan data-data tentang lokasi ini baik berupa foto-foto proses pemugaran, silsilah raja-raja Sulawesi Selatan ataupun tentang benda-benda temuan waktu penggalian, telah disediakan ruang informasi di dalam lokasi kompleks. Selain itu juga dapat meminta informasi di benteng Ujung Pandang. 

Hingga kini kompleks makam raja-raja Tallo ini tetap lestari setelah diadakan pemugaran yang diresmikan tahun 1982 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Dr. Daoed Joesoef dan tetap siap menyambut pengunjung.***



Sumber: Suara Karya, 3 Desember 1987



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Polongbangkeng, Wilayah Republik Pertama di Sulawesi Selatan

P olongbangkeng di Kabupaten Takalar, kini nyaris tak dikenal lagi generasi muda di Sulawesi Selatan. Lagi pula, tak ada yang istimewa di kota yang terletak sekitar 40 kilometer dari Ujungpandang, kecuali jika harus melongok ke masa lalu--masa-masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Dulu, setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Polongbangkeng jadi pusat perjuangan mendukung Proklamasi oleh pejuang-pejuang Sulsel. Ketika NICA mendarat diboncengi tentara Belanda, Polongbangkeng pula yang jadi basis pejuang mempertahankan kedaulatan RI  di tanah Makassar. Para pejuang yang bermarkas di Polongbangkeng berasal dari berbagai daerah seperti Robert Wolter Monginsidi (Minahasa), Muhammad Syah (Banjar), Raden Endang (Jawa), Bahang (Selayar), Ali Malaka (Pangkajene), Sofyan Sunari (Jawa), Emmy Saelan dan Maulwy Saelan (Madura), dan tentu saja pahlawan nasional pimpinan Lasykar Pemberontak Rakyat Indonesia Sulawesi (LAPRIS) Ranggong Daeng Romo. Pada akhir Agustus 1945, Fakhruddin D...

Cheng Ho dan Tiga Teori Jangkar Raksasa

S EBAGAIMANA catatan sejarah, pelayaran Laksamana Cheng Ho menyimpan berjuta kisah sejarah yang sangat menarik di nusantara. Tidak saja karena kebetulan petinggi kekaisaran Mongol yang menguasai daratan Tiongkok dari abad ke-13 sampai ke-17 itu beragama Islam, tetapi ekspedisi laut pada abad ke-15 Masehi itu membawa pengaruh politik dan budaya sangat besar. Jejak sejarah tinggalan ekspedisi Cheng Ho yang merupakan duta intenasional Kaisar Yongle, generasi ketiga keturunan Kaisar Ming dari Mongol yang menguasai daratan Tiongkok, tersebar di sepanjang Pulau Jawa bagian utara. Hinggi kini, jejak-jejak arkeologis, historis, sosiologis, dan kultur dari ekspedisi laut laksamana yang memiliki nama Islam Haji Mahmud Shams ini, bertebaran di sepanjang pantai utara (pantura) Jawa. Di Cirebon armada kapalnya sempat singgah dan menetap sebelum melanjutkan perjalanan ke arah timur dan mendarat di pelabuhan yang kini masuk wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah. Laksamana Cheng Ho datang pada masa akhir...

G30S dalam Pelajaran Sekolah

Oleh: SUSANTO ZUHDI K urikulum 2004 yang diujicobakan di Jawa Timur menuai reaksi keras. Pasalnya, pada pelajaran sejarah tidak dicantumkan kata PKI pada "Gerakan 30 September 1965". Aspirasi guru dan sejumlah tokoh di Jawa Timur pun dibawa ke DPR. Masalah itu dibahas dalam rapat para menteri di bawah Menko Kesra pada Juni 2005. Akhirnya Depdiknas menyatakan, dalam masa transisi mata pelajaran sejarah di sekolah menggunakan Kurikulum 1994. Bukan soal fakta Kalau boleh berseloroh, mengapa tidak ditambah saja kata "PKI" sehingga tak perlu revisi selama enam bulan. Persoalannya tidak semudah itu, pun bukan soal fakta "G30S 1965" dengan "PKI" saja, tetapi ada dua hal lain yang diangkat. Pertama, siswa kelas II dan III SLTA jurusan IPA dan SMK tidak diberi lagi pelajaran sejarah. Kedua, soal tuntutan agar mata pelajaran sejarah diberikan secara mandiri (terpisah) baik untuk SD maupun SLTP. Seperti diketahui, dalam Kurikulum 2004 mata pelaja...

JEJAK KERAJAAN DENGAN 40 GAJAH

Prasasti Batutulis dibuat untuk menghormati Raja Pajajaran terkemuka. Isinya tak menyebut soal emas permata. K ETERTARIKAN Menteri Said Agil Husin Al Munawar pada Prasasti Batutulis terlambat 315 tahun dibanding orang Belanda. Prasasti ini telah menyedot perhatian Sersan Scipiok dari Serikat Dagang Kumpeni (VOC), yang menemukannya pada 1687 ketika sedang menjelajah ke "pedalaman Betawi". Tapi bukan demi memburu harta. Saat itu ia ingin mengetahui makna yang tertulis dalam prasasti itu. Karena belum juga terungkap, tiga tahun berselang Kumpeni mengirimkan ekspedisi kedua di bawah pimpinan Kapiten Adolf Winkler untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Hasilnya juga kurang memuaskan. Barulah pada 1811, saat Inggris berkuasa di Indonesia, diadakan penelitian ilmiah yang lebih mendalam. Apalagi gubernur jenderalnya, Raffles, sedang getol menulis buku The History of Java . Meski demikian, isi prasasti berhuruf Jawa kuno dengan bahasa Sunda kuno itu sepenuhnya baru dipahami pada awa...

Makam Imam Al-Bukhori

Menarik membaca tulisan Arbain Rambey berjudul "Uzbekistan di Pusaran Sejarah" ( Kompas , 20 Oktober 2019).  Berdasarkan kisah dari pemandu wisata di Tashkent, diceritakan peran Presiden Soekarno memperkenalkan Makam Imam Al-Bukhori di Samarkand yang nyaris terlupakan dalam sejarah. Kisah Soekarno dimulai ketika dalam kunjungan ke Moskwa minta diantar ke makam Imam Al-Bukhori. Menurut buku The Uncensored of Bung Karno, Misteri Kehidupan Sang Presiden  tulisan Abraham Panumbangan (2016, halaman 190-193), "Pada tahun 1961 pemimpin tertinggi partai Komunis Uni Soviet sekaligus penguasa tertinggi Uni Soviet Nikita Sergeyevich Khruschev mengundang Bung Karno ke Moskwa. Sebenarnya Kruschev ingin memperlihatkan pada Amerika bahwa Indonesia adalah negara di belakang Uni Soviet".  Karena sudah lama ingin berziarah ke makam Imam Al-Bukhori, Bung Karno mensyaratkan itu sebelum berangkat ke Soviet. Pontang-pantinglah pasukan elite Kruschev mencari makam Imam Al-Bukhori yang lah...

Manunggaling Ilmu dan Laku

Alkisah ada seorang bocah pribumi yang telaten dan fasih membaca buku-buku tentang kesusastraan dan keagamaan, baik dalam bahasa Jawa, Melayu, Belanda, Jerman, maupun Latin. Bocah ini sanggup melafalkan dengan apik puisi-puisi Virgilius dalam bahasa Latin. Oleh  BANDUNG MAWARDI K etelatenan belajar mengantarkan bocah ini menjadi sosok yang fenomenal dalam tradisi intelektual di Indonesia dan Eropa. Bocah dari Jawa itu dikenal dengan nama Sosrokartono. Herry A Poeze (1986) mencatat, Sosrokartono pada puncak intelektualitasnya di Eropa menguasai sembilan bahasa Timur dan 17 bahasa Barat. Kompetensi intelektualitasnya itu dibarengi dengan publikasi tulisan dan pergaulan yang luas dengan tokoh-tokoh kunci dalam lingkungan intelektual di Belanda. Sosrokartono pun mendapat julukan "Pangeran Jawa" sebagai ungkapan untuk sosok intelektual-priayi dari Hindia Belanda. Biografi intelektual pribumi pada saat itu memang tak bebas dari bayang-bayang kolonial. Sosrokartono pun tumbuh dalam ...

Hari ini, 36 tahun lalu: Bom atom pertama dicoba di Alamogordo

Jalannya sejarah bangsa-bangsa di dunia termasuk Indonesia mungkin akan berbeda kalau tidak ada peristiwa yang terjadi 16 Juli, 36 tahun lalu. Pada hari itu Amerika Serikat membuka babak baru di dalam teknik, yakni berhasil meledakkan bom atom di New Mexico, tepatnya di Alamogordo. Percobaan yang berhasil ini telah memungkinkan Amerika Serikat menghasilkan bom atom lainnya yang dijatuhkan atas Hiroshima dan Nagasaki. Ketakutan akan akibat bom atom ini telah membuat Jepang ketakutan dan menyerah kepada sekutu, pada 14 Agustus 1945. Jauh-jauh hari sebelum bom atom pertama diledakkan di gurun Alamogordo itu, kurang lebih enam tahun sebelumnya Presiden Franklin D. Roosevelt menerima sepucuk surat dari Dr. Albert Einstein yang isinya mengenai kemungkinan pembuatan bom uranium yang kemampuannya sangat besar. Surat itulah yang kemudian melahirkan suatu proyek yang sangat dirahasiakan dan hanya kalangan kecil yang mengenalnya dengan nama Manhattan Engineer District di bawah pimpinan Mayor...