Langsung ke konten utama

60 Tahun Masa Penjajahan Dai Nippon (1): Zaman Jepang dan Derita "Seumur Jagung"

Oleh HARYADI SUADI

TIGA setengah tahun Djepang di tanah air kita. Ini berarti tiga setengah tahun lamanja djiwa Indonesia dimatikan, kebangsaan Indonesia dipadamkan, kebudajaan Indonesia diperkosa, kiblat Umat Islam diubah dari Barat ke Timur, fikiran dihentikan, kemauan diganti dengan kebaktian kepada Radja Djepang, kekajaan Indonesia dipindahkan, dan putra Indonesia diromusakan sampai hantjur lebur ....

(Dikutip dari buku "Tjita Tjita Perdjoangan" 1946 oleh Dr. Abu Hanifah

TANGGAL 8 Maret 1942, 60 tahun silam, di lapang udara Kalijati, Subang Purwakarta, telah terjadi suatu peristiwa yang terhitung penting dalam sejarah Indonesia. Peristiwa yang dimaksud adalah perundingan antara Balatentara Dai Nippon dan Pemerintah Hindia Belanda. Dalam peristiwa yang kemudian disebut "Perundingan di Kalijati" itu, fihak Belanda telah menyatakan bertekuk lutut tanpa syarat kepada Jepang. Dengan demikian Pemerintah Kolonial Hindia Belanda yang berjaya selama tiga setengah abad itu, telah tamat riwayatnya. Sekalipun peristiwa ini merupakan urusan kedua bangsa tersebut, namun paling tidak keputusan dari perundingan itu telah disambut gembira dan lega oleh bangsa kita. Apalagi fihak Jepang telah memberi janji, bahwa Dai Nippon bukan musuh, tetapi "saudara tua" yang akan membebaskan "saudara mudanya" dari cengkeraman kaum penjajah Belanda. Namun gejolak kegembiraain itu ternyata cuma bersifat sementara. Masalahnya pernyataan mereka hanya janji palsu. Yang pasti tentara Tenoheika ini telah menggantikan kedudukan Belanda dan menjajah Indonesia selama tiga setengah tahun. Oleh karena itu di masa itu banyak yang berkomentar sebagai berikut: Nasib Bangsa Indonesia ibarat lepas dari mulut singa masuk mulut buaya, lagu Wilhelmus (lagu kebangsaan Belanda) diganti Kimigayo (lagu kebangsaan Nippon) dan bendera merah putih biru diganti bendera Kokki (matahari terbit).

Tiga setengah tahun atau menurut istilah ramalan Joyoboyo "seumur jagung" memang amat kecil dibanding tiga setengah abad. Namun dalam waktu sesingkat itu bangsa kita telah mengalami berbagai peristiwa yang amat memprihatinkan dan mengenaskan. Dan menurut orang yang sempat mengalami pahit getir di dua zaman tersebut, kesengsaraan selama tiga setengah abad tidak seberapa dibanding derita tiga setengah tahun. Di masa itu bangsa kita harus menghadapi dua tantangan yang amat berat, yakni kesengsaraan hidup dan tekanan serta ancaman dari fihak penguasa. Demikian buruknya kondisi perekonomian sehingga harga-harga bahan pangan membubung tinggi secara tidak normal. Misalnya harga beras dalam waktu singkat telah naik 4-5 kali lipat. Di zaman Belanda harga beras yang semula hanya 8 sen seliter, dengan tibanya Jepang menjadi 40 sen. Dengan harga-harga yang fantastis itu, tentu saja bahaya kelaparan pun tidak bisa dihindari lagi. Bahaya ini dalam waktu singkat telah melanda dengan merata ke seluruh tanah air. Akibatnya ribuan rakyat telah meninggal secara mengenaskan. Ribuan penduduk yang lebih tepat dikatakan sebagai tengkorak hidup bisa dijumpai di mana-mana. Mereka berbondong-bondong masuk kota untuk jadi pengemis. Di sepanjang jalan berserakan manusia-manusia yang sedang sekarat dan tidak bernyawa memang merupakan pemandangan sehari-hari. Orang meninggal bukan saja di medan perang atau ketika dikerahkan untuk kerja paksa sebagai romusha, melainkan juga karena kelaparan sehingga bangkai bergeletakan di pinggir jalan di kota-kota. Begitulah tulis budayawan Ajip Rosidi yang dimuat dalam buku "Pewarisan Budaya Sunda di Tengah Arus Globalisasi". Dan yang lebih menyakitkan lagi adalah komentar para penguasa terhadap musibah ini. Seorang pembesar Jepang di masa itu dengan enteng berkomentar sebagai berikut: "Orang Jawa ada 50 juta lebih. Kalau mati beberapa orang tidak jadi masalah. Siapa tidak tahan hidup, silakan mati."

Indonesia genzumin

Sementara itu berbagai aturan, tuntutan dan intimidasi fihak penguasa, juga tidak kalah hebatnya dalam menyengsarakan rakyat. Mereka dipaksa dengan ancaman bayonet dan hukuman berat untuk melakukan perintah atasannya dengan dalih demi "kemakmuran bersama di wilayah Asia Timur Raya". Dan terhadap ancaman itu, kita tidak boleh menganggap sepele. Yang dianggap salah atau membangkang, siapa pun mereka, bisa dicaci maki, ditempeleng, digebuk dan bahkan didor di tempat. Untuk para pelanggar yang dianggap serius, lewat jalur hukum yang berlaku atau tidak, si tersangka langsung digelandang ke rumah tahanan. Dan bagaimana nasibnya sesudah masuk penjara, pasti sudah ditunggu oleh para algojo yang akan menyiksanya. Dan rumah penjara di masa itu disebut sebagai "neraka dunia".

Untuk menjalankan pemerintahannya, fihak penguasa mulai menghubungi bangsa kita yang dianggap terpelajar untuk diajak bekerja sama. Selama berhubungan itulah, bangsa kita akhirnya mengetahui bahwa betapa buruknya perangai tentara Jepang. Selain sangat kejam juga menganggap rendah bangsa kita. Mereka menyebut semua bangsa kita, dari orang yang terpelajar dan terpandang sampai rakyat kecil, genzumin atau domme inlanders (sebutan di zaman Belanda) yang sama artinya dengan "Indonesia bodoh". Para orang inteleknya cuma pandai berebut kedudukan, sedang rakyat kecilnya disebut sebagai perampok. Demikian pandangan mereka terhadap bangsa kita di masa itu. Pokoknya serendah-rendahnya pangkat seorang tentara Nippon, tidak akan melihat sebelah mata terhadap seorang Indonesia bagaimanapun tingginya kedudukan atau pendidikannya. Oleh karena itu dalam menindak bangsa kita, mereka bisa sewenang-wenang dan tidak pilih bulu.

Tentang tindakan yang membabi buta ini, terutama terhadap kaum terpelajarnya, memang sudah banyak contohnya. Seperti misalnya nasib buruk yang menimpa Mr. Amir Syarifudin, Prof. Dr. A. Mochtar, Dr.A. Kaiyadu, dan Dr. Suleman Siregar. Mr. Amir ditangkap dan disiksa dengan cara tubuhnya digantung dengan kaki di atas selama berhari-hari tanpa diberi makan atau minum. Namun berkat tindakan Bung Karno, Amir bisa diselamatkan. Juga Prof. Mochtar telah ditangkap karena dituduh melawan pemerintah. Di dalam tahanan sang Profesor telah disiksa sampai menemui ajalnya. Padahal waktu itu dia baru diangkat oleh Jepang sebagai Guru Besar di "Sekolah Tabib Tinggi" bersama Dr. Asikin dan Dr. S. Hadibroto. Dan yang lebih mengenaskan lagi adalah nasib Dr. Kaiyadu dan Dr. Suleman. Yang disebut pertama dikabarkan ditangkap jam 23.00, kemudian keesokan harinya pagi dibawa pulang sudah tidak bernyawa. Jenazahnya tidak boleh dibuka kecuali mukanya. Juga Dr. Sulaeman langsung dibunuh gara-gara banyak pasiennya yang mati karena salah menyuntik. Bahkan Bung Karno pun yang di saat itu mempunyai kedudukan penting dan dihormati, sempat kena "bogem mentah" oleh tentara Jepang berpangkat rendah. Perlakuan tidak senonoh terhadap Bung Karno sehingga dari hidungnya mengalir darah itu hanya karena soal sepele. Bung Karno ketika itu terlambat mematikan lampu di rumahnya. Perlu diketahui, bahwa di zaman itu ada peraturan pemerintah, yang melarang menyalakan lampu di malam hari, demi keamanan. Lampu yang menyala harus ditutupi kain hitam. Karena merasa diperlakukan tidak pantas, Bung Karno segera mengadu ke pimpinan tertinggi Jepang di Istana Gambir (sekarang Istana Merdeka). Namun pembesar Nippon itu hanya minta maaf. "Dia pasti tidak tahu siapa tuan," jawabnya.

Sebenarnya masih banyak contoh dari perlakuan orang Jepang baik sipil maupun militer yang berani kurang ajar terhadap bangsa kita yang berkedudukan terhormat. Di masa itu, memang banyak beredar berita perihal seorang pegawai tinggi bangsa kita yang diperlakukan semena-mena oleh pegawai rendah bangsa Nippon. Di kantor-kantor pemerintah misalnya sering terjadi seorang pegawai bangsa kita yang berkedudukan cukup tinggi dan sudah berusia lanjut ditempeleng di muka kawan-kawannya oleh seorang pegawai rendah bangsa Jepang. Alasannya biasanya hanya soal kecil, seperti terlambat mengikuti upacara menghormat bendera atau latihan taiso (senam pagi).

Peran Kenpei Tai

Berbicara soal pelanggaran HAM yang dilakukan tentara Jepang, agaknya tidak boleh dilewatkan hadirnya Kenpei Tai atau polisi milter Jepang. Kenpei Tai sama dengan Gestapo yang dibentuk Hilter. Nama Kenpei Tai di masa pendudukan Jepang memang sempat menghantui masyarakat dan menimbulkan trauma cukup berat. Karena tindakannya sering di luar ukuran perikemanusiaan, sehingga mendengar nama Kenpei Tai orang bisa merinding bulu kuduknya. Orang akan segera menghindari apabila kepergok Kenpei Tai yang berseragam tentara dengan tanda band putih bertuliskan huruf Jepang warna merah di lengannya. Padahal mereka itu tidak punya masalah apa-apa. Kekuasaan Polisi Jepang ini memang demikian tinggi, sehingga tentara Jepang pun sangat takut dan segan terhadap mereka.

Tentang kebuasan dan kekejaman Kenpei Tai ini banyak diceritakan oleh Bung Karno dalam bukunya "Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat". Juga dalam buku "1261 Hari di Bawah Matahari Terbit" yang ditulis G. Pakpahan, disebutkan bahwa saking tidak manusiawinya, banyak orang dengan nada sinis mempertanyakan "Kenpei Tai itu masih manusia atau bukan". Pertanyaan itu muncul disebabkan sulitnya bagi penduduk waktu itu untuk memikirkan perbuatan yang begitu kejam yang dilakukan oleh makhluk yang bernama manusia. Lebih lanjut dikatakan dalam buku itu bahwa yang berurusan dengan Kenpei Tai sama saja dengan "mencoba bagaimana rasanya tinggal di neraka". Dan salah satu "neraka" yang paling seram dan ngeri adalah gedung bekas Sekolah Hakim Tinggi di Gambir Barat (sekarang Merdeka Barat) Jakarta yang di masa itu digunakan sebagai Kantor Pusat Kenpei Tai. Dari gedung itu tidak putus-putusnya terdengar suara ratap tangis dan jeritan dari para tahanan yang disiksa.

Memang sungguh ironis sekali, gedung sekolah di mana diajarkan cara-cara menghormati hukum dan menegakkan keadilan telah digunakan Jepang untuk melakukan hal-hal yang sangat melanggar keadilan. Namun agaknya kekejaman serta mengesampingkan keadilan dan hukum di masa perang memang harus dilakukan. Dan terlepas dari adil atau tidak, kenyataannya Kenpei Tai ini harus diakui punya peran penting dan banyak menguntungkan fihak pemerintah. Buktinya selama masa penjajahan Jepang boleh dikata tak seorang pun dari pemimpin bangsa kita yang mencoba-coba untuk menolak perintah pihak penguasa. ***



Sumber: Pikiran Rakyat, 7 April 2002




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Baodeh-pun Berbahasa Arab Prokem

"E nte cari rumah si Ali? Itu dia, shebe  (bapak) dan ajus (ibu)-nya ada di bed  (rumah)," kata seorang pemuda keturunan Cina di Jalan Kejayaan, Kelurahan Krukut, Jakarta Barat kepada wartawan Republika  yang bertanya kepadanya. Baodeh  (keturunan Cina) di sini, khususnya yang telah bergaul dengan jamaah , memang bisa berbahasa Arab sehari-hari. Hal yang sama juga terjadi di Kampung Pekojan, yang juga dikenal sebagai perkampungan Arab. Tapi tidak hanya baodeh  yang terpengaruh. "Kami juga menjadi akrab dengan bahasa Cina sehari-hari," kata beberapa pemuda keturunan Arab yang berhasil ditemui. Dalam buku Kampung Tua di Jakarta  terbitan Pemda DKI Jakarta, disebutkan akibat adanya tiga etnis golongan penduduk Kampung Krukut, yakni Betawi, Arab, dan Cina. Disadari atau tidak, mereka telah terlibat dalam suatu usaha interaksi serta penyesuaian diri dalam lingkungan masyarakat mereka. Kata-kata ane  (saya), ente  (kamu), fulus  (uang), tafran ...

Dr. Danudirjo Setiabudi

Dr. Danudirdjo Setiabudi  adalah nama Indonesia dari Dr. Ernest F. E. Douwes Dekker. Beberapa waktu yang lalu, pemerintah memberikan gelar kepada Danudirjo sebagai Perintis Perkembangan Pers Indonesia, bersama beberapa orang yang lain yang berjasa. Kalau pemerintah menganggap Danudirjo sebagai perintis perkembangan pers Indonesia, maka sebenarnya jasa beliau lebih besar dari itu. Beliau adalah pendekar perjuangan kemerdekaan Indonesia. Bersama Suwardi Suryaningrat (K. H. Dewantara) dan Dr. Cipto Mangunkusumo, mereka disebut Tiga Serangkai, karena mereka bertiga bersama-sama memperjuangkan kemerdekaan bangsa lewat wadah Indische Partij. Danudirjo Setiabudi lahir pada tahun 1879 di sebuah kota kecil di Jawa Timur yakni Pasuruan. Setelah berhasil menamatkan sekolah menengahnya dan sekolah lanjutannya di Indonesia, Danurdirjo pergi ke Eropa dan melanjutkan pelajarannya, kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Zurich (Swiss). Sejak bocah, Danudirjo telah memiliki jiwa kemerdekaan yang...

Seni dan Budaya Jadi Medium Awal

Seni dan budaya menjadi medium dakwah para penyebar Islam pertama di Pulau Jawa. Wali sanga menjadikan seni dan budaya sebagai medium penyampai ajaran Islam, saat masyarakat Jawa pada masa itu masih dipengaruhi ajaran Hindu-Buddha. Dakwah seperti ini pun berhasil. D i sejumlah daerah pesisir utara Pulau Jawa, karakter Islam yang pada masa awal kedatangannya di Nusantara membangun harmoni dengan adat dan budaya masyarakat setempat terlihat jelas hingga saat ini. Di Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah, yang pada masa lalu jadi pusat dakwah Sunan Kudus, misalnya, kini masih bisa dilihat bukti arsitektur Jawa-Hindu. Masjid Menara Kudus dengan tinggi sekitar 17 meter itu diperkirakan dibangun pada 19 Rajab 956 Hijriyah atau sekitar tahun 1549. Akulturasi antara Islam dengan kebudayaan Jawa-Hndu di masjid itu mewujud dalam bentuk bangunan menara. Kaki menaranya menyerupai Candi Jago di Malang, Jawa Timur. Candi itu dibuat pada masa Kerajaan Singasari. Bagian tubuh hingga atap Masjid Menara Kudu...

Cheng Ho dan Tiga Teori Jangkar Raksasa

S EBAGAIMANA catatan sejarah, pelayaran Laksamana Cheng Ho menyimpan berjuta kisah sejarah yang sangat menarik di nusantara. Tidak saja karena kebetulan petinggi kekaisaran Mongol yang menguasai daratan Tiongkok dari abad ke-13 sampai ke-17 itu beragama Islam, tetapi ekspedisi laut pada abad ke-15 Masehi itu membawa pengaruh politik dan budaya sangat besar. Jejak sejarah tinggalan ekspedisi Cheng Ho yang merupakan duta intenasional Kaisar Yongle, generasi ketiga keturunan Kaisar Ming dari Mongol yang menguasai daratan Tiongkok, tersebar di sepanjang Pulau Jawa bagian utara. Hinggi kini, jejak-jejak arkeologis, historis, sosiologis, dan kultur dari ekspedisi laut laksamana yang memiliki nama Islam Haji Mahmud Shams ini, bertebaran di sepanjang pantai utara (pantura) Jawa. Di Cirebon armada kapalnya sempat singgah dan menetap sebelum melanjutkan perjalanan ke arah timur dan mendarat di pelabuhan yang kini masuk wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah. Laksamana Cheng Ho datang pada masa akhir...

Manunggaling Ilmu dan Laku

Alkisah ada seorang bocah pribumi yang telaten dan fasih membaca buku-buku tentang kesusastraan dan keagamaan, baik dalam bahasa Jawa, Melayu, Belanda, Jerman, maupun Latin. Bocah ini sanggup melafalkan dengan apik puisi-puisi Virgilius dalam bahasa Latin. Oleh  BANDUNG MAWARDI K etelatenan belajar mengantarkan bocah ini menjadi sosok yang fenomenal dalam tradisi intelektual di Indonesia dan Eropa. Bocah dari Jawa itu dikenal dengan nama Sosrokartono. Herry A Poeze (1986) mencatat, Sosrokartono pada puncak intelektualitasnya di Eropa menguasai sembilan bahasa Timur dan 17 bahasa Barat. Kompetensi intelektualitasnya itu dibarengi dengan publikasi tulisan dan pergaulan yang luas dengan tokoh-tokoh kunci dalam lingkungan intelektual di Belanda. Sosrokartono pun mendapat julukan "Pangeran Jawa" sebagai ungkapan untuk sosok intelektual-priayi dari Hindia Belanda. Biografi intelektual pribumi pada saat itu memang tak bebas dari bayang-bayang kolonial. Sosrokartono pun tumbuh dalam ...

Hari ini, 36 tahun lalu: Bom atom pertama dicoba di Alamogordo

Jalannya sejarah bangsa-bangsa di dunia termasuk Indonesia mungkin akan berbeda kalau tidak ada peristiwa yang terjadi 16 Juli, 36 tahun lalu. Pada hari itu Amerika Serikat membuka babak baru di dalam teknik, yakni berhasil meledakkan bom atom di New Mexico, tepatnya di Alamogordo. Percobaan yang berhasil ini telah memungkinkan Amerika Serikat menghasilkan bom atom lainnya yang dijatuhkan atas Hiroshima dan Nagasaki. Ketakutan akan akibat bom atom ini telah membuat Jepang ketakutan dan menyerah kepada sekutu, pada 14 Agustus 1945. Jauh-jauh hari sebelum bom atom pertama diledakkan di gurun Alamogordo itu, kurang lebih enam tahun sebelumnya Presiden Franklin D. Roosevelt menerima sepucuk surat dari Dr. Albert Einstein yang isinya mengenai kemungkinan pembuatan bom uranium yang kemampuannya sangat besar. Surat itulah yang kemudian melahirkan suatu proyek yang sangat dirahasiakan dan hanya kalangan kecil yang mengenalnya dengan nama Manhattan Engineer District di bawah pimpinan Mayor...

Menjaga Prasyarat Hidup Bersatu

Komitmen persatuan, seperti yang disepakati pada 28 Oktober 1928, hadir dengan sejumlah prasyarat. Setelah 90 tahun berlalu, kini dibutuhkan penanda-penanda baru untuk makin mengeratkan persatuan bangsa Indonesia. P rasasti besar di Gedung Sumpah Pemuda, Jakarta, mengingatkan bahwa selain kesepakatan satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa pada 90 tahun silam, para pemuda juga menyepakati lima prasyarat. Ironisnya, lima prasyarat yang menjadi dasar dari persatuan yang saat itu disepakati tersebut kini sering luput dari perhatian. Lima prasyarat itu adalah kemauan, bahasa, hukum adat, serta pendidikan dan kepanduan. Mengapa lima prasyarat itu menjadi konsepsi yang juga dicantumkan secara tegas di dalam naskah putusan Kongres Pemuda II, 28 Oktober 1928? Buku 45 Tahun Sumpah Pemuda  mencatat lima hal itu sebagai dasar terjadinya persatuan. "Setelah mendengar putusan ini, kerapatan mengeluarkan keyakinan asas ini wajib dipakai oleh segala perkumpulan kebangsaan Indonesia. Mengelu...