Langsung ke konten utama

Menyimak Dampak Kultural Boedi Oetomo sebagai Tonggak Kebangkitan Nasional

BERDIRINYA Boedi Oetomo (BU) tahun 1908, tak bisa dilepaskan dari gejala bangkitnya kelas menengah masyarakat Jawa. Dan kebangkitan kelas menengah Jawa ini ternyata dimotori oleh golongan priyayinya. Baik priyayi profesional "jebolan" Stovia, maupun priyayi birokratis yang kebanyakan berpangkat "regent" (: bupati yang diangkat penguasa kolonial) dan sekelompok wedana, yang semuanya terserap ke dalam hierarki administrasi kolonial. Kebangkitan golongan priyayi membuktikan adanya penyusunan pandangan-pandangan Barat (Eropa ke dalam masyarakat penguasa Jawa melalui proses rekayasa pendidikan).

Sejak 1864, orang-orang Jawa telah diterima dalam sekolah Belanda, bernama ELS (Europeesche Lagere School). Ini adalah satu-satunya sekolah dasar yang mengajarkan bahasa Belanda kepada orang Jawa. Saat itu, bahasa Belanda adalah syarat utama untuk meneruskan pendidikan seseorang di sekolah kedokteran atau sekolah guru. Bagi masyarakat penguasa Jawa, ELS adalah sarana "demokratisasi" awal di sektor pendidikan, yang pernah dipeluangkan oleh penguasa kolonialnya.

Pada tahun 1851 berdirilah Stovia. Saat itu sekolah bergengsi ini masih berjuluk Sekolah Dokter Jawa, atau Sekolah Latihan Kedokteran Pribumi. Pada taraf awal lama pendidikannya cuma tiga tahun. Lalu diperpanjang menjadi lima tahun. Diperbaiki lagi menjadi tujuh tahun. Dan akhirnya menjadi sembilan tahun pada tahun 1908. Sekolah Dokter Jawa ini menerima status akademis yang penuh sebagai Stovia dalam tahun 1902.

Meskipun profesi kedokteran menerima kehormatan akademis yang tinggi, bahkan di kalangan bangsa Belanda sendiri, namun status sosialnya di kalangan masyarakat Jawa masih sangat rendah. Atau, lebih tepat, cenderung "direndahkan" secara politis. Priyayi-priyayi Jawa, terutama dari jalur birokrasi pemerintahan, menerima kehadiran pejabat-pejabat kesehatan itu dengan rasa permusuhan. Bisa dimaklumi, karena kehadiran kelas priyayi baru ini berpotensi ancaman terhadap citra dan gengsi sosial para priyayi birokratis. Apa sebabnya?

Seorang lulusan dokter kesehatan akan langsung dipekerjakan dengan gaji berkisar antara 75 sampai 150 gulden per bulan. Skala gaji seperti ini adalah sama dengan skala gaji untuk asisten wedana kelas satu: suatu kedudukan tertinggi bagi priyayi bukan ningrat dalam sistem administrasi kolonial saat itu. Itupun kalau si priyayi mampu melampaui ujian masa dinas yang lamanya sampai 16 tahun. Karenanya, di mata para priyayi birokrasi, Stovia sering dianggap suatu sekolah untuk orang miskin. Di sini, sentimen sosial berbicara. Osvia atau Sekolah Guru malah lebih digandrungi. Padahal, secara profesional lulusan Osvia tidaklah dapat melucuti rantai ketergantungan ekonominya kepada pemerintah kolonial Belanda. Hanya para lulusan Stovia-lah yang sesungguhnya berpeluang untuk itu.

Begitu lulusan Stovia telah menyelesaikan ikatan dinasnya dengan pemerintah kolonial, mereka segera dapat melakukan praktek umum sebagai dokter pribumi. Pada umumnya, penguasaan bahasa Belanda mereka pun sangat baik. Jadi mereka dapat membebaskan diri dari ketergantungan ekonomi kepada pemerintah kolonial Belanda. Golongan priyayi profesional ini bisa mempunyai kesempatan untuk memperoleh kebebasan ekonomi dari kantor administrasi kolonial. Potensi ke arah ketaktergantungan ekonomi inilah yang menjadi penyulut aspirasi politik mereka. Wajarlah jika dari mereka lalu muncul pengutaraan kekesalan terhadap bentuk dan nilai usang masyarakat tradisional. Mereka juga yang mempunyai keinginan untuk pembaruan sosial. Mahasiswa-mahasiswa terkemuka Stovia, seperti Tjipto Mangoekoesoemo, Soewardi Soeryaningrat, dan Soetomo, berhasil menelurkan kemauan-kemauan dinamis, untuk meningkatkan lebih jauh aspirasi-aspirasi pribadi mereka sendiri. Suatu keberanian politik yang mustahil dipunyai golongan guru atau para "regent". Guru-guru masih bergantung kepada administrasi kolonial untuk sarana pekerjaan mereka. Sedang para "regent" cenderung mempertahankan Status Quo dengan mempertahankan bentuk masyarakat paternalistik yang sudah ada, karena dipandang sangat menguntungkan kedudukan mereka.

Di Jawa sendiri saat itu, formalisme pangkat cenderung lebih diagungkan ketimbang keterampilan profesional. Perlakuan merendahkan martabat dokter oleh birokrat dari golongan ningrat pribumi menjadi kelaziman. Untuk mengukur ketinggian martabat seseorang dalam hierarki sosialnya lebih banyak ditambatkan pada ascribed status, atau status keturunan. Status yang diperjuangkan berdasarkan keahlian, atau achieved status belum menjadi sarana mobilisasi status. Ini menunjukkan kondisi tipikal dari corak masyarakat paternalistik pada masa transisinya, di mana status sosial, kedudukan birokratis, prestasi pendidikan dan derajat penghasilan masih belum mapan dalam hierarki masyarakatnya. 

Spektrum sosial dalam tubuh masyarakat priyayi Jawa sendiri masih berupa mosaik yang berbhineka. Dalam masyarakat priyayi itu terdapat suatu perbedaan yang mencolok antara priyayi birokratis dan bukan birokratis. Priyayi ningrat berdasarkan ascribed status dengan priyayi bukan ningrat yang memegang ascribed status. Priyayi yang berpendidikan Belanda dan yang masih berpendidikan pribumi. Priyayi yang bekerja berdasarkan profesi dalam praktek swasta dan mereka yang bekerja dengan ketaatan penuh kepada birokrasi pemerintah kolonial. Dalam kondisi kolasi-sosial seperti ini kecenderungan ke arah isolasi kelompok pun terjadilah. "Proteksionisme" di tingkat kesadaran status kelas dengan sendirinya memaksa kelompok-kelompok tertentu dalam golongan masyarakat priyayi untuk berembuk mempersatukan diri dengan kelompok tertentu lainnya, yang dalam bentuk kohesi kelas tersebut dianggap dapat meningkatkan atau melindungi kepentingan-kepentingan sosial dan priviliege mereka. Masyarakat priyayi Jawa bukanlah merupakan golongan yang serba sama dengan kepentingan-kepentingan sosial yang seragam.

Dalam kondisi begitulah, BU dilahirkan. Gerak penglahiran ini bertombak dua. Ketika Wahidin menghimbau dukungan dan dana-dana dari orang-orang Jawa yang berkedudukan tinggi dalam pemerintahan, demi menguatkan dukungan dana dan penyiapan kemungkinan "infrastruktur politik" bagi pembiayaan pendidikan para priyayi, maka para mahasiswa di Stovia, yang kebanyakan berasal dari priyayi rendah dan priyayi angkatan muda, dipimpin oleh Soetomo mulai pula mempersiapkan dasar persatuan secara lebih konsepsional.

Program utama BU sendiri berusaha meningkatkan dan membuat lebih banyak serta lebih baik lagi kualitas pendidikan Belanda untuk kaum priyayi. Maksudnya agar priyayi-priyayi itu mampu untuk berlomba secara lebih baik dalam dunia modern. Sebagaimana ternyata kemudian, BU lebih banyak didukung oleh para priyayi bukan ningrat, priyayi birokratis rendahan, guru-guru, dan dokter-dokter kesehatan. Sedang priyayi profesional bukan ningrat lebih berperan dalam tingkat pengajuan prakarsa, ketimbang para priyayi ningrat birokratisnya.

Dalam publikasi Jong Indie I, NO. 14: Okt. 3, 1908 yang merupakan usulan daftar BU cabang Batavia pimpinan Soewarno, dicakupkan masalah-masalah programatis BU, meliputi: pendidikan desa, perawatan orang miskin, perbaikan-perbaikan dalam kesejahteraan sosial, kesederhanaan bagi golongan-golongan atas dan pengembangan industri pribumi, juga pembentukan modal di kalangan golongan menengah.

Daftar topik itu jelas cuma bersifat usulan. Dalam kongres pertama BU di Yogyakarta, tanggal 3 s/d 5 Oktober 1908, perselisihan haluan di tingkat pengesahan daftar topik itu terjadi. Priyayi profesional angkatan tua, diwakili oleh Wahidin, Radjiman, dan Djiwasewaja tak berhasil mencapai kata mufakat dengan para penggagas dari angkatan mudanya, yang suaranya diwakili oleh Goenawan Mangoenkoesoemo, Soetomo, dan Tjipto Mangoekoesoemo.

Wahidin, dalam pidato pembukaan kongres, lebih mengagungkan nilai sejarah Jawa dan menekankan pentingnya pendidikan Barat bagi kemajuan Jawa. Yang jadi obsesinya cuma pendidikan golongan priyayi, bukan pendidikan desa secara umum. Asas ini berbeda haluan dengan prakarsa angkatan mudanya. Goenawan misalnya, menekankan pentingnya mendirikan lebih banyak sekolah-sekolah desa dengan dana beasiswa bagi anggota golongan priyayi. Soetomo berharap supaya BU bisa meningkatkan pendidikan dasar di atas bentuk-bentuk pendidikan lainnya. Sedang Tjipto, yang selalu bersuara keras, mengemukakan pentingnya pendidikan yang bukan hanya untuk priyayi Jawa saja, melainkan bagi seluruh penduduk Hindia Belanda. Iapun mengusulkan supaya BU mengorganisasikan diri secara politik untuk melindungi dan meningkatkan kepentingan-kepentingan organisasinya. Dalam kelanjutannya, usulan angkatan muda tersebut toh tidak mendapat "follow up" yang tepat.

Hampir semua priyayi birokratis, yang sebenarnya lebih berkepentingan dalam mengamankan status quo, di bawah pengaruh para "regent" sendiri, memboikot kongres itu. Priyayi birokratis lebih berkepentingan memelihara konservatisme, ketimbang sungguh-sungguh memikirkan gagasan-gagasan radikal. Kecenderungan untuk isolasi kelompok pun akhirnya muncul lagi. Hampir bersamaan dengan kongres BU, para "regent" juga sibuk mengorganisasikan kemungkinan persatuan mereka sendiri. Didirikanlah Sedya Mulya, artinya: Upaya Yang Maha Mulia. Sikap konservatif BU tampak pula dari keberhasilan Tirtokusumo, seorang "regent" dari Karanganyar, dipilih sebagai ketua BU pertama, dari tahun 1908-1911. Tjipto dan Suryodipuro, sebagai tanda penghargaan terhadap wakil angkatan muda, dipilih sebagai anggota biasa untuk panitia kerja. Pada kongres BU kedua, September 1909, Tjipto dan Suryodipuro kembali mengusulkan untuk menjadikan BU sebagai organisasi politik. Juga diusulkan agar keanggotaan BU bisa diperluas, selain orang Jawa dan Bali, mencakup pula semua penduduk Hindia Belanda, termasuk masyarakat Indo-Eropa dan masyarakat Cina yang bersimpati. Karena usul-usul mereka ditolak, keduanya lalu mengundurkan diri dari panitia kerja BU.

Dampak kelahiran BU, bagi inspirasi kita mendatang, tidak terletak pada riwayat organisasionalnya yang dibentroki keragaman haluan. Pada tingkat sosio-kultural, BU justru muncul sebagai tonggak peneguhan intelektualisasi elite pribumi, yaitu dengan tepat menggambarkan perubahan yang telah terjadi dalam golongan priyayi Jawa. Pada kongres pertama, secara konsensus ditetapkan bahwa BU pada tahap itu akan menolak aksi pengembangan aspirasi politik golongan priyayi. Sebaliknya, akan memilih pengembangan kebudayaan. Pada taraf embrional ini, BU menolak gagasan pembaruan-pembaruan sosial secara radikal pada semua tingkat masyarakat Jawa. Sebaliknya, akan mempertahankan BU sebagai persatuan priyayi eksklusif, membela kepentingan priyayi, terutama di sektor pendidikan, di atas segala kepentingan lainnya. Pengaruh kultural BU terhadap masyarakat tradisional Jawa adalah tersedianya kemampuan budaya untuk bisa mengambil kedudukan selaras, sesuai dengan perkembangan nilai-nilai sosial yang telah ada. Tahun 1908 merupakan tahun di mana priyayi profesional, birokrat bukan ningrat dan mahasiswa-mahasiswa muda Stovia mempersiapkan diri menjadi pemimpin-pemimpin Jawa, yang lebih berciri konformis, ketimbang reformis. Merekalah contoh paling awal dari ciri kaum terpelajar Jawa atau Indonesia.

Perbedaan titik berat haluan dalam tubuh BU, menunjukkan pula sifat-sifat dasar yang beragam dari masyarakat elite Jawa saat itu. Sekaligus menunjukkan sifat dasar yang berbeda-beda dari kapasitas inspirasi para priyayi profesional yang sedang berkembang di dalamnya. Perselisihan haluan di lingkungan priyayi Jawa sesungguhnya berakibat konstruktif bagi mempercepat perubahan dan pembentukan pandangan serta cita-cita kaum intelek saat itu. Kita tetap bisa mengapresiasi keanekaan pandangan tersebut terutama dari segi penawaran aspirasi kultural yang akan dipakemkan nantinya. Dari posisi ini, BU bertindak sebagai pendorong yang menganjurkan berdirinya "kelompok-kelompok kepentingan" yang dipersiapkan untuk memperjuangkan kepentingan golongan-golongan tertentu dalam masyarakat.

Sedya Mulya didirikan dalam tahun yang sama dengan BU, dengan tujuan melindungi kepentingan para "regent". Serikat Dagang Islam yang berorientasi pada perlindungan pedagang golongan santri, berdiri tahun 1911, dipelopori Tirtoadisuryo dan Samanhudi. Muhammadyah, yang bertumpu pada agama Islam sebagai sumbu organisasinya, didirikan setahun kemudian. Tahun 1913 Douwes Dekker yang mendapat dukungan dari para cendekiawan seperti Tjipto Mangoenkoesomo, Abdoel Moeis, dan Soewardi Soeryaningrat, mendirikan Indische Partij. Semua "kelompok-kelompok kepentingan" di atas memang dituntut menemukan jalan sendiri untuk memecahkan problem dalam mewujudkan idealisme mereka. Meskipun jawaban yang diasongkan terhadap setiap tantangan historisnya berbeda, tetapi masing-masing mempunyai tempat dan sumbangannya dalam pembentukan dan penggalangan nasionalisme Indonesia. ***

(Benny Yohanes).



Sumber: Pikiran Rakyat, 15 Mei 1988



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Baodeh-pun Berbahasa Arab Prokem

"E nte cari rumah si Ali? Itu dia, shebe  (bapak) dan ajus (ibu)-nya ada di bed  (rumah)," kata seorang pemuda keturunan Cina di Jalan Kejayaan, Kelurahan Krukut, Jakarta Barat kepada wartawan Republika  yang bertanya kepadanya. Baodeh  (keturunan Cina) di sini, khususnya yang telah bergaul dengan jamaah , memang bisa berbahasa Arab sehari-hari. Hal yang sama juga terjadi di Kampung Pekojan, yang juga dikenal sebagai perkampungan Arab. Tapi tidak hanya baodeh  yang terpengaruh. "Kami juga menjadi akrab dengan bahasa Cina sehari-hari," kata beberapa pemuda keturunan Arab yang berhasil ditemui. Dalam buku Kampung Tua di Jakarta  terbitan Pemda DKI Jakarta, disebutkan akibat adanya tiga etnis golongan penduduk Kampung Krukut, yakni Betawi, Arab, dan Cina. Disadari atau tidak, mereka telah terlibat dalam suatu usaha interaksi serta penyesuaian diri dalam lingkungan masyarakat mereka. Kata-kata ane  (saya), ente  (kamu), fulus  (uang), tafran ...

Dr. Danudirjo Setiabudi

Dr. Danudirdjo Setiabudi  adalah nama Indonesia dari Dr. Ernest F. E. Douwes Dekker. Beberapa waktu yang lalu, pemerintah memberikan gelar kepada Danudirjo sebagai Perintis Perkembangan Pers Indonesia, bersama beberapa orang yang lain yang berjasa. Kalau pemerintah menganggap Danudirjo sebagai perintis perkembangan pers Indonesia, maka sebenarnya jasa beliau lebih besar dari itu. Beliau adalah pendekar perjuangan kemerdekaan Indonesia. Bersama Suwardi Suryaningrat (K. H. Dewantara) dan Dr. Cipto Mangunkusumo, mereka disebut Tiga Serangkai, karena mereka bertiga bersama-sama memperjuangkan kemerdekaan bangsa lewat wadah Indische Partij. Danudirjo Setiabudi lahir pada tahun 1879 di sebuah kota kecil di Jawa Timur yakni Pasuruan. Setelah berhasil menamatkan sekolah menengahnya dan sekolah lanjutannya di Indonesia, Danurdirjo pergi ke Eropa dan melanjutkan pelajarannya, kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Zurich (Swiss). Sejak bocah, Danudirjo telah memiliki jiwa kemerdekaan yang...

Seni dan Budaya Jadi Medium Awal

Seni dan budaya menjadi medium dakwah para penyebar Islam pertama di Pulau Jawa. Wali sanga menjadikan seni dan budaya sebagai medium penyampai ajaran Islam, saat masyarakat Jawa pada masa itu masih dipengaruhi ajaran Hindu-Buddha. Dakwah seperti ini pun berhasil. D i sejumlah daerah pesisir utara Pulau Jawa, karakter Islam yang pada masa awal kedatangannya di Nusantara membangun harmoni dengan adat dan budaya masyarakat setempat terlihat jelas hingga saat ini. Di Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah, yang pada masa lalu jadi pusat dakwah Sunan Kudus, misalnya, kini masih bisa dilihat bukti arsitektur Jawa-Hindu. Masjid Menara Kudus dengan tinggi sekitar 17 meter itu diperkirakan dibangun pada 19 Rajab 956 Hijriyah atau sekitar tahun 1549. Akulturasi antara Islam dengan kebudayaan Jawa-Hndu di masjid itu mewujud dalam bentuk bangunan menara. Kaki menaranya menyerupai Candi Jago di Malang, Jawa Timur. Candi itu dibuat pada masa Kerajaan Singasari. Bagian tubuh hingga atap Masjid Menara Kudu...

Cheng Ho dan Tiga Teori Jangkar Raksasa

S EBAGAIMANA catatan sejarah, pelayaran Laksamana Cheng Ho menyimpan berjuta kisah sejarah yang sangat menarik di nusantara. Tidak saja karena kebetulan petinggi kekaisaran Mongol yang menguasai daratan Tiongkok dari abad ke-13 sampai ke-17 itu beragama Islam, tetapi ekspedisi laut pada abad ke-15 Masehi itu membawa pengaruh politik dan budaya sangat besar. Jejak sejarah tinggalan ekspedisi Cheng Ho yang merupakan duta intenasional Kaisar Yongle, generasi ketiga keturunan Kaisar Ming dari Mongol yang menguasai daratan Tiongkok, tersebar di sepanjang Pulau Jawa bagian utara. Hinggi kini, jejak-jejak arkeologis, historis, sosiologis, dan kultur dari ekspedisi laut laksamana yang memiliki nama Islam Haji Mahmud Shams ini, bertebaran di sepanjang pantai utara (pantura) Jawa. Di Cirebon armada kapalnya sempat singgah dan menetap sebelum melanjutkan perjalanan ke arah timur dan mendarat di pelabuhan yang kini masuk wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah. Laksamana Cheng Ho datang pada masa akhir...

Manunggaling Ilmu dan Laku

Alkisah ada seorang bocah pribumi yang telaten dan fasih membaca buku-buku tentang kesusastraan dan keagamaan, baik dalam bahasa Jawa, Melayu, Belanda, Jerman, maupun Latin. Bocah ini sanggup melafalkan dengan apik puisi-puisi Virgilius dalam bahasa Latin. Oleh  BANDUNG MAWARDI K etelatenan belajar mengantarkan bocah ini menjadi sosok yang fenomenal dalam tradisi intelektual di Indonesia dan Eropa. Bocah dari Jawa itu dikenal dengan nama Sosrokartono. Herry A Poeze (1986) mencatat, Sosrokartono pada puncak intelektualitasnya di Eropa menguasai sembilan bahasa Timur dan 17 bahasa Barat. Kompetensi intelektualitasnya itu dibarengi dengan publikasi tulisan dan pergaulan yang luas dengan tokoh-tokoh kunci dalam lingkungan intelektual di Belanda. Sosrokartono pun mendapat julukan "Pangeran Jawa" sebagai ungkapan untuk sosok intelektual-priayi dari Hindia Belanda. Biografi intelektual pribumi pada saat itu memang tak bebas dari bayang-bayang kolonial. Sosrokartono pun tumbuh dalam ...

Hari ini, 36 tahun lalu: Bom atom pertama dicoba di Alamogordo

Jalannya sejarah bangsa-bangsa di dunia termasuk Indonesia mungkin akan berbeda kalau tidak ada peristiwa yang terjadi 16 Juli, 36 tahun lalu. Pada hari itu Amerika Serikat membuka babak baru di dalam teknik, yakni berhasil meledakkan bom atom di New Mexico, tepatnya di Alamogordo. Percobaan yang berhasil ini telah memungkinkan Amerika Serikat menghasilkan bom atom lainnya yang dijatuhkan atas Hiroshima dan Nagasaki. Ketakutan akan akibat bom atom ini telah membuat Jepang ketakutan dan menyerah kepada sekutu, pada 14 Agustus 1945. Jauh-jauh hari sebelum bom atom pertama diledakkan di gurun Alamogordo itu, kurang lebih enam tahun sebelumnya Presiden Franklin D. Roosevelt menerima sepucuk surat dari Dr. Albert Einstein yang isinya mengenai kemungkinan pembuatan bom uranium yang kemampuannya sangat besar. Surat itulah yang kemudian melahirkan suatu proyek yang sangat dirahasiakan dan hanya kalangan kecil yang mengenalnya dengan nama Manhattan Engineer District di bawah pimpinan Mayor...

Menjaga Prasyarat Hidup Bersatu

Komitmen persatuan, seperti yang disepakati pada 28 Oktober 1928, hadir dengan sejumlah prasyarat. Setelah 90 tahun berlalu, kini dibutuhkan penanda-penanda baru untuk makin mengeratkan persatuan bangsa Indonesia. P rasasti besar di Gedung Sumpah Pemuda, Jakarta, mengingatkan bahwa selain kesepakatan satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa pada 90 tahun silam, para pemuda juga menyepakati lima prasyarat. Ironisnya, lima prasyarat yang menjadi dasar dari persatuan yang saat itu disepakati tersebut kini sering luput dari perhatian. Lima prasyarat itu adalah kemauan, bahasa, hukum adat, serta pendidikan dan kepanduan. Mengapa lima prasyarat itu menjadi konsepsi yang juga dicantumkan secara tegas di dalam naskah putusan Kongres Pemuda II, 28 Oktober 1928? Buku 45 Tahun Sumpah Pemuda  mencatat lima hal itu sebagai dasar terjadinya persatuan. "Setelah mendengar putusan ini, kerapatan mengeluarkan keyakinan asas ini wajib dipakai oleh segala perkumpulan kebangsaan Indonesia. Mengelu...