Perpecahan di tubuh Partai Sarekat Islam Indonesia selayaknya tidak disertai surutnya ingatan akan perjuangan organisasi Islam terbesar pada zamannya ini. Melalui penulisan sejarah, generasi kini dan mendatang bisa mengapresiasi sumbangan mereka yang amat besar bagi terbentuknya Republik Indonesia.
Dalam buku Sarekat Islam Mencari Ideologi 1924-1945 (Pustaka Pelajar, 2012), Nasihin memaparkan, Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII) merupakan perkumpulan rakyat bumiputra, terutama dari kalangan Islam yang berupaya bersatu melawan praktik kolonialisme Belanda. Terbentuknya Sarekat Dagang Islam pada 1909, sebagai awal terbentuknya PSII, dilandasi semangat gerakan Pan Islamisme di Timur Tengah pada awal abad ke-20. Gerakan ini dimaknai sebagai bentuk penyatuan seluruh umat Islam dalam satu ikatan dan rasa persaudaraan.
Semangat Pan Islamisme yang dibawa ke Indonesia oleh tokoh-tokoh pergerakan seusai beribadah haji ini disambut hangat. Islam dianggap mampu menjadi lokomotif gerakan bumiputra, yang akan melengserkan pemerintahan Hindia-Belanda yang diskriminatif dan kapitalistik.
Berkembangnya SI dengan semangat itu seiring perkembangan ideologi sosialis yang disebarkan oleh para propagandis asal Belanda. Mereka membentuk organ pergerakan ISDV serta organisasi buruh VSTP yang menarik simpati beberapa anggota SI. Namun, gerakan sosialisme mulai memperlihatkan belangnya saat ISDV berubah menjadi Partai Komunis Indonesia pada 20 Mei 1920. Komunisme sebagai ideologi perjuangan PKI tentu tak bisa diterima oleh beberapa pimpinan SI karena dianggap bisa meruntuhkan nilai ketauhidan umat Islam.
Meski demikian, saat SI diubah jadi Partai Sarikat Islam (PSI) pada 1921, selain tetap berlandaskan ideologi Islam, PSI di bawah pimpinan tertinggi HOS Tjokroaminoto juga mengadopsi sosialisme guna menghalau sistem kapitalistik. Islam dan sosialisme diracik sedemikian rupa hingga menghasilkan ideologi yang bernama Sosialisme Islam, yang jadi penuntun arah perjuangan PSI menghadapi kolonialisme untuk mencapai Indonesia merdeka.
Ridho Al Hamdi dalam Partai Politik Islam, Teori dan Praktik di Indonesia (Graha Ilmu, 2013) menulis, semangat nasionalisme SI mulai diwarnai konflik internal saat SI memasuki fase kejayaan 1916-1921. Konflik berikutnya terjadi pada Fase Konsolidasi 1921-1927, saat Abdoel Moeis mengundurkan diri karena diduga kecewa terhadap sikap para pimpinan SI yang tidak lagi mendukung segala ide dan program yang diusulkannya.
Dinamika partai Islam tidak saja dialami oleh PSII semata. Beberapa partai Islam lain juga mengalami rintangan, di antaranya penangkapan disertai penahanan atau pengasingan terhadap tokoh-tokoh Partai Muslim Indonesia oleh pihak kolonial pada 1933. Pada 1941, tiga tokoh Partai Islam Indonesia ditangkap Belanda dengan tuduhan bersimpati kepada Jepang. Meski diwarnai konflik, ketiga parpol Islam di atas memiliki cita-cita dan napas perjuangan yang sama, yaitu semangat nasionalisme dan kemerdekaan Indonesia.
(TGH/LITBANG KOMPAS)
Sumber: Kompas, 19 Oktober 2014
Komentar
Posting Komentar